Belajar Bisnis BitCoin Indonesia

Sejarah Penting Kemunculan Cryptocurrency, Anda yang Mendalami Dunia Ini Harus Tahu

0
History of Cryptocurrency
Image: BlockAsia.Io

Tahukah Anda jika cryptocurrency  atau mata uang digital ternyata sudah muncul pada sekitar tahun 1980-an? Nah, salah satu jenis cryptocurrency yang paling populer adalah Bitcoin, dimana bitcoin adalah mata uang digital yang pertama kali dibuat dengan sistem desentralisasi.

Sistem desentralisasi merupakan sebuah sistem yang dapat menghubungkan para pengguna tanpa membutuhkan sebuah perantara, yang dapat berupa pihak ketiga maupun otoritas pusat, yaitu lembaga keuangan atau pemerintah.

Namun sebelum era bitcoin menjadi populer seperti sekarang ini terdapat beberapa tahapan sejarah yang pada akhirnya menjadi faktor pendukung ide kemunculan bitcoin.

Berikut tahapan sejarah cryptocurrency yang penting untuk Anda ketahui :

  1. Sejarah DigiCash pada Tahun 1990

Seorang cryptographer yang berasal dari Amerika Serikat bernama David Chaum, pada tahun 1982 menemukan sebuah ide brilian yang dinamakan dengan blind signatures. Saat itu Chaum membuat makalah dengan judul “Blind Signature for Untraceable Payments” dimana blind signatures diartikan sebagai bentuk tanda tangan digital yang akan menyamarkan isi pesan yang tercantum di dalamnya.

Chaum juga berpendapat bahwa uang merupakan hal yang berkaitan erat dengan privasi. Ia percaya bahwa untuk mewujudkan transaksi yang aman, masyarakat membutuhkan sebuah mata uang dengan basis token yang mempunyai sifat yang sama dengan uang logam dan kertas pada umumnya.

Chaum pun mendirikan DigiCash yang terletak di Amsterdam tepat 8 tahun setelah makalahnya dipublikasikan, yaitu pada tahun 1990. Gagasan Chaum dalam DigiCash tersebut menarik perhatian banyak pihak. DigiCash dinilai dapat menjadi sebuah solusi untuk sebuah keamanan transaksi yang menjadi impian masyarakat.

Chaum dengan para pendiri lainnya mempunyai prinsip bahwa produk DigiCash tersebut hanya akan mereka jual ke bank. Namun pada akhirnya DigiCash mengalami kebangkrutan dikarenakan belum adanya bank yang bersedia menggunakan produk mereka.

Untungnya, bertepatan dengan kebangkrutan DigiCash, Microsoft datang menghadirkan harapan baru. Microsoft menawarkan kerjasama dengan dana senilai US$ 180 juta dengan permintaan untuk implementasi DigiCash di semua PC Windows. Namun sayangnya, pada tahun 1998 lagi-lagi DigiCash akhirnya bangkrut karena kehabisan dana.

  1. Sejarah E-Gold pada Tahun 1996

Tahap sejarah cryptocurrency yang kedua yaitu, E-Gold. E-Gold dicetuskan pertama kali oleh Dr. Douglas Jackson dan Barry K. Downey pada tahun 1996. E-Gold muncul dengan sebuah ide cemerlang mengenai emas dan perak yang digunakan dalam sebuah transaksi digital.

Cara kerjanya yaitu pengguna membuat sebuah akun dalam E-Gold dan mengirimkan emas dan peraknya. Lalu E-Gold akan membuat kredit di akun pengguna dimana kredit tersebut dapat dikirimkan pengguna ke merchant atau pengguna E-Gold yang lain.

Permasalahan mulai dihadapi oleh E-Gold pada tahun 2001. Pada saat itu USA Patriot Act mengharuskan badan usaha seperti E-Gold dan yang lainnya untuk dapat mempunyai lisensi khusus. Namun syarat dan ketentuan untuk mendapatkan lisensi tersebut dinilai sangat rumit. Sehingga banyak badan usaha money transmitter seperti E-Gold yang tidak dapat bertahan.

  1. Sejarah Beenz dan Flooz pada Tahun 1998

Tahap sejarah cryptocurrency selanjutnya adalah Beenz dan Flooz yang merupakan mata uang digital terkenal di era 1998-1999. Beenz dan Flooz didirikan oleh dua orang yang berbeda. Beenz dibuat oleh Charles Cohen sedangkan Flooz dibuat oleh Robert Levitan.

Cohen dan Levitan mempunyai konsep yang sama, dimana keduanya membuat website yang memungkinkan pengguna dalam mendapat sebuah komisi dengan bentuk mata uang digital.

Cara kerjanya yaitu pengguna perlu melakukan berbagai aktivitas internet, seperti belanja online, log in ke dalam sebuah sistem melalui ISP, mengunjungi beberapa website, dan lain sebagainya. Setelah mengumpulkan Beenz dan Flooz, pengguna dapat membeli barang dari merchant yang tentunya sudah melakukan kerja sama dengan Beenz dan Flooz.

Beenz dan Flooz tidak hanya berdiri di waktu yang relatif sama, namun juga mengalami kebangkrutan di waktu yang sama pula. Alasan yang memicu kebangkrutan mereka adalah terjadinya dot com bubble burst pada tahun 2000 sehingga seluruh saham perusahaan tersebut anjlok dan kehabisan uang.

  1. Sejarah InternetCash.com pada Tahun 1999

Pada tahun 1999, terdapat empat orang yang membuat sebuah jaringan pembayaran di internet yang mereka beri nama InternetCash. Empat orang tersebut yaitu Jason Richelson, Ben Reddy, Charles Doherty dan Mr. Doherty.

InternetCash membuat sebuah metode pembayaran dengan menggunakan jaringan sendiri yang relatif lebih aman dari jaringan perbankan seperti Visa dan Mastercard.

Pengguna dapat mengisi saldo di kartu prepaid dengan mentop-up uang tersebut kepada InternetCash. Seperti Visa dan Mastercard kartu InternetCash juga mempunyai nomor kartu dan PIN.

Jika pengguna selesai berbelanja dan ingin membayarnya, online merchant akan mengalokasikan pengguna ke halaman InternetCash yang disebut dengan “InternetCash Payment Windows”.

Di halaman ini pengguna diminta memasukkan nomor kartu dan PIN, setelah valid sistem akan menandai dan mengenkripsi transaksi tersebut. Setelah itu informasi transaksi akan dikirim kembali ke online merchant untuk dijadikan referensi dan hasil olahan data terenkripsi dikirim ke server InternetCash.

InternetCash dinilai sangat sukses di kala itu, namun lagi-lagi harus mengalami kebangkrutan yang sama dengan Beenz dan Flooz diakibatkan oleh dampak dari dot-com bubble burst.

Demikian ulasan tahapan sejarah yang mendasari dibentuknya bitcoin yang merupakan jenis mata uang terpopuler di cryptocurrency. Menarik untuk dipelajari bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.