Belajar Bisnis BitCoin Indonesia

Istilah-istilah dalam Cryptocurrency yang Wajib Anda Pahami

0
OneCoin Crypto Currency
Image: CyberArt.Info

Jika Anda merupakan pemula yang baru saja mempelajari seluk beluk cryptocurrency Anda pasti merasa asing dengan segala istilah-istilah dalam cryptocurrency yang mungkin baru saja Anda dengar sehingga Anda perlu mencari tahu secara detail untuk dapat memahami istilah tersebut.

Dengan Anda lebih memahami beberapa istilah penting dalam cryptocurrency, diharapkan Anda juga bisa lebih cepat memahami dan ahli dalam dunia ini. Seperti yang Anda tahu, saat ini ada banyak sekali orang yang tertarik terhadap cryptocurrency karena keuntungan yang dijanjikannya. Nah, berikut merupakan beberapa istilah yang sering muncul terkait dengan berbagai berita dan informasi mengenai cryptocurrency:

  1. Cryptocurrency

Merupakan sebutan untuk mata uang digital yang tidak memiliki bentuk fisik seperti mata uang konvensional dan menggunakan teknologi kriptografi yang menjamin keamanan dalam bertransaksi.

  1. Bitcoin

Merupakan salah satu jenis dari cryptocurrency dengan sistem terdensentralisasi yaitu transaksi tanpa perantara pihak ketiga. Dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 dan merupakan salah satu mata uang digital dengan nilai yang terbesar saat ini. Bitcoin diciptakan menggunakan algoritma SHA-256 dan dapat ditambang menggunakan metode proof to work.

  1. Altcoin

Merupakan singkatan dari Alternatif Coin yang namanya digunakan untuk menyebutkan koin mata uang digital lain selain bitcoin, seperti Ethereum, Litecoin, Dash dan lain sebagainya.

  1. Wallet

Merupakan sebuah media yang digunakan sebagai tempat penyimpanan koin. Wallet juga biasa disebut dengan Address. Anda dapat menggunakan wallet pada saat melakukan berbagai transaksi.

  1. Faucet

Merupakan sebuah situs dimana Anda dapat mendapatkan koin cryptocurrency secara gratis setelah Anda menyelesaikan berbagai tugas misalnya mengisi sebuah survey, menonton video, membagikan artikel, melihat iklan dan lain sebagainya.

 

  1. Marketplace

Merupakan bertemunya penjual dan pembeli dalam sebuah tempat yang telah disediakan oleh pemilik e-commerce untuk kemudian melakukan pertukaran koin dalam proses transaksi.

  1. Exchanger

Berbeda dengan marketplace, exchanger merupakan tempat yang digunakan untuk menukar mata uang digital Anda dengan mata uang jenis lainnya dengan mudah.

  1. Mining

Merupakan sebuah proses penambangan yang memecahkan blok algoritma dengan perhitungan matematika dengan menggunakan hardware untuk kemudian mendapatkan hadiah berupa koin cryptocurrency.

  1. Cloudmining

Perbedaaan mendasar antara cloudmining dengan mining adalah bahwa cloudmining tidak menggunakan hardware dalam proses penambangannya.

  1. Block

Merupakan elemen dasar dari cryptocurrency yang berisi deretan data transaksi. Ketika data transaksi mencapai ukuran tertentu akan terjadi proses perangkaian data menjadi sebuah blok. Blok tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai bukti dari sebuah transaksi. Proses inilah yang nantinya akan dikenal sebagai proses pertambangan.

  1. Blockchain

Merupakan sebuah database atau daftar lengkap blok yang menyimpan semua detail transaksi dimana transaksi tersebut tidak dapat diubah setelah dilakukan konfirmasi.

  1. Block Reward

Merupakan hadiah atau penghargaan yang nantinya diberikan kepada penambang yang berhasil melakukan sebuah proses matematis terhadap suatu blok transaksi.

  1. Zerocoin

Merupakan protokol yang didesain khusus untuk transaksi cryptocurrency yang bersifat anonim.

  1. Attack

Biasa digunakan oleh sekelompok penambang untuk dapat mengendalikan jaringan. Selain itu, attack digunakan untuk menghentikan sebuah transaksi agar tidak dapat dikonfirmasi, dapat pula digunakan untuk bertransaksi menggunakan koin yang sama berulang kali.

  1. PSP

Merupakan singkatan dari Payment Service Provider yang menawarkan sebuah layanan untuk memproses transaksi dalam sebuah perdagangan yang menerima pembayaran secara online.

  1. Invest

Merupakan sebuah bentuk penanaman modal terhadap satu atau lebih cryptocurrency  dengan tujuan meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.

  1. Arbitrase

Merupakan sebuah tindakan yang digunakan untuk meraih keuntungan dari perbedaan harga berbagai cryptocurrency di pasaran.

  1. Difficulty

Merupakan angka yang menunjukkan tingkat kesulitan dalam melakukan sebuah hash terhadap blok baru. Jika nilai difficulty semakin kecil, maka tingkat kesulitan untuk menghasilkan nilai hash yang cocok akan semakin besar.

  1. Hash

Merupakan sebuah proses matematika dengan mengambil sejumlah data agar dapat menghasilkan output yang relatif lebih pendek.

  1. Hash Rate

Merupakan total jumlah hash yang dapat dikerjakan oleh sebuah miner per detiknya.

  1. Peer to peer

Merupakan sebuah interaksi desentralisasi antara berbagai pihak dalam sebuah jaringan.

  1. Proof to Work

Merupakan sistem yang menghubungkan penambangan dengan kemampuan komputasi yang bertujuan untuk memudahkan proses komputasi yang dilakukan.

  1. Money Suply

Merupakan sebuah gambaran kondisi apabila terdapat pengguna yang memiliki jumlah bitcoin mencapai 21 juta maka otomatis akan dilakukan penghapusan terhadap akun tersebut.

  1. Cut Lose

Cut lose secara bahasa diartikan sebagai jual rugi. Dimana tindakan ini dapat diambil apabila nilai dari cryptocurrency mengalami penurunan yang sangat drastis dalam waktu yang relatif singkat. Tindakan ini diambil untuk mencegah Anda mengalami kerugian yang lebih besar.

Demikian beberapa istilah-istilah yang sering digunakan dalam cryptocurrency. Masih banyak lagi istilah lain yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui. Anda dapat mencari informasi mengenai berbagai istilah yang lain untuk menambah wawasan Anda terkait cryptocurrency. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.