Belajar Bisnis BitCoin Indonesia

Fakta Penting Mengenai Bitcoin dan Perkembangannya di Asia Tenggara

1
Cara Kerja Bitcoin
Image: id.techinasia.com

Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak diatur oleh negara dan/atau lembaga apapun. Bitcoin adalah mata uang digital yang bisa dikirim melalui internet.

Beberapa kelebihan Bitcoin diantaranya bisa dikirim ke mana saja lewat internet tanpa melalui bank atau lembaga pengirim. Bisa digunakan di negara mana saja dan tidak dapat dibekukan. Serta transaksi Bitcoin dilakukan tanpa syarat dan tidak ada batasan transfer.

Selain itu kelebihan Bitcoin adalah kita bisa memantau semua transaksi yang terjadi. Misalnya transaksi yang dilakukan website Wikileaks. Melalui website Blockchain kita bisa memeriksa dari mana saja Wikileaks mendapat kiriman Bitcoin dan identitas pengirim seperti alamat Bitcoin dan jumlah transaksi yang dikirim.

Ada dua cara mendapat Bitcoin. Pertama, membeli Bitcoin langsung dengan menukarkan mata uang resmi dengan Bitcoin. Kedua, Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara memasang aplikasi yang disebut Bitcoin miner atau dikenal juga dengan Bitcoin mining

Bitcoin mining adalah proses mendapatkan Bitcoin. Untuk bisa melakukan Bitcoin mining, memerlukan komputer canggih yang disebut Application-Specific Integrated Circuit atau disingkat ASIC. Komputer ini digunakan untuk mencari koin baru dengan cara membantu proses transaksi Bitcoin di seluruh dunia.

Sebenarnya cara kerja Bitcoin mining cukup sederhana. Relawan yang memasang software Bitcoin miner atau menggunakan komputer ASIC, akan membantu proses verifikasi transaksi Bitcoin. Dimana verifikasi ini melibatkan proses yang rumit, namun mudah diverifikasi kebenarannya. Relawan pertama yang berhasil memecahkan proses tersebut akan diberikan sejumlah Bitcoin sebagai hadiah.

Namun dalam kenyataannya tidak semudah itu, ada banyak orang dan organisasi yang menambang Bitcoin, jadi apabila hanya bermodalkan komputer biasa maka hal itu merupakan sesuatu yang sia-sia.

Kondisi Bitcoin di Asia Tenggara

Bitcoin memiliki potensi untuk berdampak besar di Asia Tenggara mengingat sebagian besar orang tidak memiliki akses ke layanan perbankan dan pasar yang besar untuk pengiriman uang. Meskipun ekosistem Bitcoin di kawasan ini sebagian besar masih terbelakang, Filipina, Indonesia, dan Vietnam adalah negara-negara yang memiliki peluang lebih menjanjikan berkat pasar yang menguntungkan dan kemajuan yang mereka buat di ekosistem Bitcoin-nya. Negara tersebut juga merupakan tiga negara dengan populasi terbanyak di Asia Tenggara.

Filipina memimpin dalam hal seberapa baik ekosistem Bitcoin berkembang di kawasan ini. Filipina memiliki banyak bursa Bitcoin yang dijalankan oleh tim profesional dan memiliki beberapa merchant besar yang menerima Bitcoin.

Ekosistem Bitcoin di Indonesia dan Vietnam juga mulai berkembang, dan seperti halnya Filipina, dua negara tersebut memiliki pasar yang besar yang akan mendapat manfaat dari Bitcoin sebagai pembayaran, pengiriman uang, dan alat perbankan alternatif.

Sumber:

  • https://id.techinasia.com/fakta-penting-tentang-bitcoin
  • https://id.techinasia.com/kondisi-bitcoin-di-asia-tenggara

 

1 Comment
  1. prezky padli says

    apakah negara2 slain asia tnggara mnggunakan bitcoin?

Leave A Reply

Your email address will not be published.