Belajar Bisnis BitCoin Indonesia

Cara Kerja dan Cara Menghasilkan BitCoin

0
BitCoin CryptoCurrency
Image: http://fbtc1.blogspot.co.id

Belum banyak yang mengetahui tantang bitcoin, namun ada sebagian juga yang telah menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran atau transaksi. Namun dengan begitu masih banyak pula yang belum faham bagaimana cara kerja bitcoin. Bagi yang masih baru atau pemula dalam bisnis bitcoin tentunya cara kerja dari bitcoin masih membingungkan. Karena cara kerja bitcoin tergolong sulit dan ribet.

Sebenarnya, menggunakan bitcoin tak harus mengetahui secara detail teknisinya. Karena setelah anda menginstal dompet bitcoin pada komputer atau ponsel, maka secara otomatis perangkat anda akan menciptakan alamat bitcoin yang pertama.

Setelah itu anda bisa membuat alamat baru dengan jumlah banyak kapan saja. Dan anda juga bisa menggunakannya untuk menambahkan alamat bitcoin teman anda, sehingga anda bisa melakukan transaksi. Dan sebenarnya cara kerja bitcoin sangat mirip dengan email namun alamat bitcoin hanya bisa digunakan sekali saja.

Pada rantai blok bitcoin, merupakan sebuah catatan transaksi, dimana setelah anda melakukan transaksi maka akan tercatat pada rantai blok (riwayat transaksi). Dengan begitu semua alat transaksi akan dikonfirmasi pada rantai blok, sehingga dompet bitcoin akan menghitung sisa uang yang telah dibelanjakan dan transaksi baru juga dapat diverifikasikan untuk belanja dengan bitcoin yang dimiliki pengguna. Namun tentunya integritas dan urutan dari kronologi rantai blok akan diberlakukan dengan kriptografi.

CARA KERJA DAN TRANSAKSI BITCOIN

Transaksi bitcoin merpakan sebuah transfer nilai yang dilakukan antara dompet bitcoin yang ada di rantai blok. Dan dompet bitcoin ini akan menyimpan bagian rahasia dari data yang disebut dengan kunci pribadi.

Kunci pribadi ini digunakan untuk menandatangani transaksi yang telah dilakukan, hal ini merupakan pemberian buki matematis bahwa pemilik benar-benar telah melakukan transaksi. Kegunaan tanda tangan juga bermanfaat untuk mencegah transaksi agar tidak diubah oleh siapa pun setelah diterbitkan. Maka semua transaksi akan disiarkan oleh antar pengguna bitcoin dan kemudian akan di konfirmasikan oleh jaringan dalam waktu sekitar 10 menit yang dilakukan oleh proses penambangan.

PROSES PENAMBANGAN

Proses penambangan adalah sistem kesepakatan terdistribusi yang digunakan untuk mengkonfirmasi antrian transaksi. Dan kemudian antrian transaksi ini akan dimasukan kedalam rantai blok. Hal inilah yang menjadi dasar penambangan untuk menyusun kronologis dalam rantai blok. Untuk melindungi netralitas makan jaringan akan memungkinkan komputer yang bereda untuk menyetujui keadaan sistem.

Agar bisa dikonfirmasi, maka transaksi dibungkus oleh blok yang sesuai dengan aturan kriptografi dengan ketat, dan kemudian akan diverifikasi oleh sebuah jaringan. Sebenarnya aturan tersebut diberlakukan agar dapat mencegah blok sebelumnya memodifikasi, yang akan berakibat bisa membatalkan blok berikutnya.

Proses penambangan juga digambarkan dengan sebuah lotre yang kompetitif yang digunakan untuk mencegah setiap individu dengan mudah dapat menambahkan blok baru secara berurutan masuk kedalam rantai blok. Sehingga, tidak ada individu lain yang akan bisa mengendalikan apa saja yang masuk kedalam rantai blok, atau dengan kata lain dapat mengganti bagian baru rantai blok untuk memutar balik transaksi yang dilakukan sehingga akan merugikan salah satu pihak.

CARA KERJA BITCOIN WALLET

Di dalam sebuah bitcoin terdapat dua bagian bitcoin wallet yaitu penyimpanan bitcoin dan wallet application. Bitcoin cilent atau wallet application ini digunakan untuk membuka file wallet yang artinya bisa digunakan untuk memindahkan file wallet dengan menggunakan USB drive serta dapat digunakan untuk membuka file dalam komputer lain yang memiliki aplikasi wallet.

Bitcoin cilent ini, telah tersedia di berbagai OS sehingga anda bisa melakukan kompatibilitas. Dan cilent bitcoin juga bisa di dwonload secara geratis di jalan tikus.

Sebenarnya, selain menggunakan bitcoin cilnet, anda juga dapat menggunakan layanan online, seperti instawallet, dan anda bisa mencarinya di website tertentu dengan mengaitkan URL yang ada di bookmark anda. Melalui bookmark anda juga bisa membuka atau mengakses file wallet dengan koneksi internet apapun.

CARA MENGISI BITCOIN WALLET

Untuk mengisi bitcoin wallet dengan uang maka ada 3 cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan:

  • Tranding/melakukan marchant bitcoin
  • Donasi dan bitcoin gratis
  • Pertukaran dengan uang

Bitcoin akan dikirim kedalam wallet melalui alamat penerima atau receiving address, dan kemudian sting karakter random yang dihasilkan digunakan untuk menuju pada wallet. Proses yang dilakukan ini mirip dengan menuliskan cek nominal tertentu dan prosesnya akan berjalan otomatis tanpa menggunakan alamat penerima yang sama. Karena dalam setiap transaksi yang dilakukan dianjurkan untuk menggunakan receiving addres yang berbeda, hal ini bertujuan agar memudahkan untuk melakukan tracing transaksi.

Donasi dan bitcoin gratis bisa anda peroleh dari website atau orang lain. Untuk mendapatkan bitcoin gratis maka anda bisa dengan menggunakan bitcoin faucet, yang akan memberikan 0,0001 BTC untuk pengguna baru bitcoin. Cara yang dilakukan adalah dengan mendaftar pada Googel dengan login menggunakan akun Googel dan kemudian masukan captcha dan klik “get some!”, maka kurang dari 10 menit anda akan menerima pembayaran dengan bitcoin faucet.

Cara kerja donasi atau bitcoin gratis, juga bisa dilakukan dengan menempatkan receiving address pada facebook atau Google+, atau bahkan signature, sehingga anda akan mudah mendapatkan bitcoin dari pengguna yang melakukan donasi.

CARA PERTUKARAN KURS

Dalam mendapatkan bitcoin gratis tentunya tak banyak jumlahnya, sehingga dengan jalan pertukaran kurs bias dilakukan untuk menambahkan bitcoin. Ada banyak website yang menyediakan layanan pertukaran kurs dan pastikan anda memilih kurs yang anda inginkan.

Salah atau website yang menawarkan layanan pertukaran kurs adalah bitcoin wiki, dimana terdapat dua metode cara pertukaran, yaitu dengan real time dan fixed rute. Dengan metode real time maka pembeli akan menawarkan harga tertinggi, dan penjual akan menawarkan harga terendah. Dan pertukaran akan dilakukan hingga keduanya telah menemukan kecocokan harga, namun biasanya proses ini membutuhkan waktu yang lama.

Sedangkan metode fixed rate, yaitu memiliki sistem yang hampir sama dengan kurs mata uang pada umumnya, dimana penjual akan memberikan penawaran dengan harga tertentu pada watu tertentu. Dan dalam metode fixed rate biasanya akan membutuhkan waktu yang cepat, meskipun terkadang harga kecocokan yang dihasilkan tidak sesuai keinginan.

Jika anda bingung dimana website yang sebaiknya digunakan untuk menukarkan bitcoin yang anda punya, maka sebagai informasi, pada saat ini yang sedang populer menjadi website pertukaran bitcoin adalah Mt Gox, karena dalam website ini telah menangani hingga lebih dari 80% pertukaran bitcoin, dan pada umumnya menggunakan metode bitcoin. (DW)

Leave A Reply

Your email address will not be published.