Fitur Utama Bitcoin
Image: ibtimes.com

Apakah Anda salah satu orang yang suka akan bisnis digital? Tentu Anda tidak akan merasa asing apa itu Bitcoin. Bagi Anda yang masih belum mengenal Bitcoin, Bitcoin adalah salah satu jenis mata uang virtual. Mata uang ini sama halnya seperti dollar maupun uang rupiah. Sama-sama bisa digunakan untuk bertransaksi namun hanya pada dunia digital.

Bitcoin dikembangkan oleh seseorang yang memiliki nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 yang berasal dari Jepang. Bitcoin memiliki konsep yang hampir sama dengan eGold namun pada kenyataannya berbeda jauh. Sebagai mata uang virtual, Bitcoin memiliki beberapa fitur.

Berikut 7 Fitur yang terdapat pada Bitcoin:

1. Transfer Instan Secara Peer To Peer

Transfer secara peer to peer merupakan salah satu hal yang menguntungkan untuk Bitcoin. Bitcoin tidak menggunakan server pusat. Server penyimpanan yang dimiliki oleh Bitcoin bersifat desentralisasi. Bitcoin berjalan dengan banyak server yang dioperasikan oleh masing-masing member Bitcoin itu sendiri. Semuanya terhubung di dalam sebuah jaringan.

2. Transfer Kemana Saja

Bitcoin yang notabene sebagai uang virtual yang dapat digunakan di seluruh dunia, dapat digunakan setiap waktu dan dapat dikirim kemana saja. Transaksi dengan menggunakan Bitcoin dapat berlangsung dalam hitungan detik saja.

Bitcoin dapat digunakan oleh siapa saja. Bitcoin dapat digunakan sebagai uang virtual yang digunakan untuk transaksi online. Sehingga sengan menggunakan Bitcoin, tentu dapat dipastikan bahwa Anda dapat melakukan transaksi baik jual Bitcoin maupun Beli Bitcoin dimana saja dan kapan saja Anda mau. Asalkan Anda terkoneksi dengan Internet.

Uang Bitcoin yang Anda miliki akan tersimpan ke dalam Bitcoin Wallet. Setiap Bitcoiners akan memiliki wallet berupa PC atau Laptop, tablet dan smartphone. Dengan menginstal wallet masing-masing akan mendapatkan Bitcoin address. Dengan memiliki masing-masing Bitcoin Address maka transaksi bisa dilakukan.

Karena Bitcoin tidak menggunakan server maka jika wallet rusak maka bitcoin Anda akan hilang.

Untuk menghindari hal tersebut, seringnya bitcoiners melakukan backup bitcoin address pada beberapa device secara berkala. Agar wallet yang dimilikinya tidak mengalami kerusakan dan kerugian dalam jumlah yang besar.

3. Biaya Transfer Sangat Kecil

Dalam melakukan transaksi dengan menggunakan Bitcoin, biaya pengiriman yang dikenakan sangat kecil. Atau bahkan dapat dihilangkan menjadi gratis. Akan tetapi, biasanya dalam mempercepat sebuah transaksi Bitcoin akan meminta potongan sebesar 500 hingga 3000 rupiah terhadap transaksi yang Anda lakukan.

Bitcoin akan tetap mengenakan potongan tersebut tidak peduli seberapa besar uang yang Anda transfer. Dengan biaya rendahnya biaya transaksi yang dikenakan saat Anda menggunakan Bitcoin, tentu saja akan menambah keuntungan Anda dalam melakukan bisnis ini.

4. Transaksi Bersifat Irreversible

Dalam setiap transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan Bitcoin maka transaksi tersebut tidak bisa dibatalkan kembali. Misalnya Bila Anda mentranfer seseorang dalam jumlah tertentu dengan menggunakan Bitcoin maka transfer tersebut tidak bisa dibatalkan.

Bitcoin yang Anda transfer dan ingin Anda batalkan tersebut hanya dapat kembali jikalau orang yang Anda transfer mau mengembalikan Bitcoin Anda. Jika tidak maka bitcoin yang Anda transfer tidak bisa kembali lagi. Atau relakan saja Bitcoin Anda.

5. Transaksi Bitcoin Bersifat Pseudonymous

Semua member Bitcoin dapat dilihat secara umum transaksi apa saja yang dilakukannya. Akan tetapi member bisa mengatur apakah identitas dirinya mau dimunculkan atau tidak. Anda dapat merahasiskan identitas kepemilikan Bitcoin akan tetapi tidak bisa menyembunyikan transaksi yang dilakukan. Transaksi dilakukan dan dipantau oleh publik.

6. Bitcoin Tidak Dikontrol oleh Lembaga atau Pemerintah Apapun

Di dalam situs Bitcoin yang menggunakan sistem penyimpanan database Blockchain adalah tidak dikontrol oleh pihak manapun. Baik sebuah lembaga maupun pemerintah tidak berhak untuk mengontrol transaksi yang dilakukan dalam Bitcoin.

Karena Bitcoin menggunakan sistem database Blockchain, maka data tersebut bersifat terbuka dan dapat diketahui secara umum. Sehingga tidak memungkinkan untuk seseorang melakukan pemalsuan data sebagai member Bitcoin.

7. Jumlahnya Terbatas

Suplay Bitcoin memiliki jumlah yang terbatas, yaitu hanya mencapai 21 juta Bitcoin saja. Jumlah tersebut akan terus berkurang karena hampir sama dengan sistem ekonomi berdasarkan deflasi. Karena batasan itulah harga bitcoin cenderung akan naik setiap 4 tahun sekali.

Itulah beberapa fitur yang terdapat pada Bitcoin. Alasan kenapa banyak sekali orang-orang berbondong-bondong menggunakan Bitcoin adalah karena Bitcoin dianggap sebagai mata uang virtual untuk menyimpan aset kekayaan yang dimiliki tanpa dikorupsi dan diawasi oleh pihak-pihak tertentu.

Selain itu, Bitcoin dianggap sebagai salah satu cara berinvestasi secara aman. Sistem Bitcoin peer to peer memungkinkan untuk menyimpan data secara aman di seluruh jaringan di dunia. Setiap transaksi yang terjadi akan divalidasi oleh peer yang ada di jaringan tersebut. Akan tetapi Anda juga harus berhati-hati karena para hacker juga dapat mengintai bitcoin yang Anda miliki untuk dicuri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *