Cara Kerja Menambang BitCoin
Image: Kkomputer.Net

Bagi orang awam, CryptoCurrency mungkin terdengar asing di telinga. Akan tetapi, bagi anda yang selalu mengikuti perkembangan teknologi kata tersebut terdengar biasa. Terlebih jika anda yang sering melakukan kegiatan  virtual dengan memanfaatkan internet dan Google.

CryptoCurrency merupakan teknologi yang membuat mata uang digital dengan memanfaatkan ilmu kriptografi yang nantinya mata uang tersebut aman dan tidak dapat di palsukan. Umumnya, nilai harga dari CryptoCurrency di tentukan oleh kekuatan buy and sell dari para pengguna teknologi. Karena teknologi mata uang digital ini banyak diminati di berbagai perusahaan, tak heran CryptoCurrency ini sangat marak di perbincangkan.

Bahkan, pihak ternama Google Ventures  pun juga berinvestasi pada salah satu teknologi CryptoCurrency ini. Tercatat ada sekitar kurang lebih 500 CryptoCurrency yang di buat dan beberapa CryptoCurrency tersebut memilki konsep yang berbeda dengan lainnya.

Karena nilai dasar dari CryptoCurrency ini murni berdasarkan kekuatan buy anda sell maka hal tersebut tidak di jamin oleh siapa pun. Oleh sebab itu, tak jarang CryptoCurrency ini memilki nilai turun lebih dari 20% dalam sehari. Jumlah tersebut tentu bisa di manfaatkan untuk melakukan perdagangan supaya mendapatkan profit.

Ada 7 CryptoCurrency yang dapat diperdagangkan seperti Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, Ripple, Nubits, Paycoin dan Dashcoin. Tak hanya Bitcoin yang dapat diperjualbelikan dengan rupiah, akan tetapi CryptoCurrency lain dalam berdagang semuanya juga menggunakan Bitcoint sebagai alat barternya.

Bagaimana Cara Trading CryptoCurrency?

Caranya terbilang sangat sederhana, terdapat 2 point yang harus di perhatikan yakni :

  • Beli ketika sedang murah dan jual ketika sedang tinggi
  • Beli ketika terlihat peluang naik dan jual ketika harga lebih tinggi dari harga beli

Saat melakukan trading CryptoCurrency, anda akan mengenal istilah Altcoin. Altcoin merupakan sebutan untuk CryptoCurrency selain dari Bitcoin. Bisa dikatakan bahwa Altcoint ini akronim dari kata Alternative Coin.

Bagaimana mendapatkan uang dari Altcoin?

Perlu di ketahui bahwa Altcoin ini mempunyai naik turun harga yang lebih dari Bitcoin. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah untuk bisa mendapatkan keuntungan dari Altcoin.

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan yakni anda harus menukarkan terlebih dahulu rupiah anda dengan Bitcoin. Anda perlu melupakan mengenai jumlah mata uang rupiah yang di tukarkan tersebut, karena anda harus tertuju pada jumlah Bitcoin yang anda punyai. Misalnya anda mempunyai modal 5 BTC, sehingga misi anda dalam trading Altcoin ini yaitu memperbanyak Bitcoin anda.
  2. Setelah itu, anda bisa melakukan perdagangan Bitcoin dengan menggunakan Altcoin secara barter. Setiap kali anda melakukan trading dalam Altcoin dan mendapatkan profit, maka secara otomatis Bitcoin anda akan bertambah. Pada setiap akhir bulan, silakan anda bisa mengurangi jumlah Bitcoin yang anda dapatkan tersebut dengan modal awal anda dan merupakan penghasilan yang anda dapatkan. Kecuali jika anda berminat menambah modal, anda tidak perlu mengurangi jumlah Bitcoinnya.
  3. Setelah mendapatkan selisih Bitcoin yang anda terima, maka anda bisa menjual Bitcoin tersebut di pasar. Anda pun akan mendapatkan uang rupiah yang siap anda untuk anda belanjakan.

Hal yang Harus Diperhatikan!!!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan perdagangan Alcoin. Berikut penjelasannya.

  • Bisa di bilang bahwa Altcoin mirip dengan sebagaimana saham. Untuk itu, anda bisa memahami bahwa Altcoin ini mempunyai profile perusahaan ataupun grup pengembangnya. Untuk itu, tidak ada salahnya anda mempelajari siapa pihak di belakang dan juga kredibilitasnya.
  • Setiap group founder pengembang tentu mempunyai Altcoin dalam jumlah yang besar. Apabila founder menjual altcoinnya maka kemungkinan besar harga menjadi drop sesaat. Hal ini dikarenakan supply yang besar akan membanjiri pasar dan biasanya hal tersebut akan di ikuti dengan peluang kenaikan besar sesudahnya.
  • CryptoCurrency juga harus mempelajari system bagaimana Altcoin tersebut di buat maupun di prospek dalam jangka panjangnya. Pada bagian ini, anda bisa mengikuti saran Warren Buffet yang mengatakan bahwa “Invest lah pada tempat yang akan anda masuk akal“.  Apabila sistemnya masuk akal dan mempunyai banyak peluang jangka panjang, kemungkinan besar nilai akan naik meskipun tidak saat ini.

Untuk itu, anda tidak perlu melakukan cut loss atau menjualnya di bawah harga beli. Agar lebih detail, anda bisa melihat system Riple untuk melihat salah satu altcoin yang mempunyai peluang jangka panjang dan juga konsep ke depan yang lebih besar. Bisa juga anda memperhatikan sebuah altcoin yang di dukung oleh Google Ventures.

  • Altcoin yang baru keluar akan di sambut pasar, sehingga kemungkinan besar akan mengalami kenaikan yang tidak masuk akal. Hal ini biasa terjadi pada darkcoin dari beberapa rupiah menjadi 30 rupiah per 1 darkcoinnya dalam waktu kurang dari 1 bulan.
  • Lupakan apabila altcoin tidak disambut pasar kembali. Perlu di ingat kembali bahwa kunci dari semua nilai altcoin CryptoCurrency yang anda lakukan adalah kekuatan pasar. Anda juga perlu tahu bahwa anda adalah sebagai altcoin trader dan bukan altcoin believer. Apabila anda merasa sudah tidak ada lagi masa depan di Altcoin yang anda jalankan, maka altcoin tersebut akan kembali ke nilai awal yaitu mendekati 0. Ketika anda berada di posisi tersebut, anda bisa langsung cut loss altcoin anda sebelum anda menyesal di kemudian hari.
  • Harga pergerakan Altcoin di pengaruhi oleh pasar global untuk itu anda juga harus memperhatikan dan waspada terhadap pergerakan harga internasional yang dapat di pantau melalui external price.
  • Hati-hati terhadap penipuan, apabila anda sekedar ikut-ikutan dan tidak paham mengenai CryptoCurrency, sebaiknya anda lebih dalam lagi mempelajari Bitcoin dan cara memperdagangkannya. Pastikan pula bahwa perusahan Digital Exchange yang anda pilih bukanlah MLM maupun Scam. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam menentukan pilihan kepada perusahan Digital Exhange mana yang anda percayakan untuk memulai investasi Bitcoin anda.

Mungkin ada pihak yang mengaku sebagai pengelola Bitcoin, namun dalam pelaksanaannya justru hanya bisnis abal-abal. Apabila anda menjadi investor yang kurang paham soal Bitcoin, anda bisa saja terjebak dalam kasus penipuan.

Semoga tutorial bisa membantu pada tander khususnya bagi anda yang mungkin masih baru di dunia CryptoCurrency. Selamat mencoba. (DW)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *