Cryptocurrency The Digital Coin
Image: Medium.Com

Investasi cryptocurrency atau yang lebih dikenal sebagai mata uang digital semakin marak pada beberapa tahun belakangan ini yang disebabkan oleh melonjaknya nilai bitcoin di pasaran. Kalau sudah begini, siapa yang tidak merasa tergiur bukan?

Tentunya Anda sudah mengetahui strategi yang harus diterapkan untuk meraup banyak keuntungan dalam investasi tersebut bukan ? Namun, sebenarnya tidak hanya keuntungan yang dapat Anda dapatkan jika menanamkan modal pada investasi cryptocurrency ini, melainkan juga kerugian yang kemungkinan akan terjadi.

Jika Anda memantau perkembangan informasi cryptocurrency dengan lebih jeli, Anda akan menemukan fakta bahwa nilai bitcoin serta berbagai jenis mata uang yang lain terus mengalami penurunan mulai awal tahun 2018 ini. Mengapa demikian? Saat ini banyak investor yang menilai bahwa nilai bitcoin terlalu tinggi jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan diterima.

Hal tersebut disebabkan karena mayoritas pemerintah masih meragukan pertumbuhan cryptocurrency sehingga merchant yang menerima mata uang digital juga tidak mengalami perkembangan. Oleh karena itu, alasan tersebut mendasari turunnya minat para investor.

Namun, sebuah investasi seharusnya menghasilkan keuntungan bukan? Berikut merupakan beberapa keuntungan yang mungkin akan Anda dapatkan jika Anda menanamkan modal di bidang ini, yaitu :

  1. Kenaikan Harga Mata Uang di Masa yang Akan Datang

Meskipun saat ini minat para investor sedang surut, namun tidak menutup kemungkinan nilai mata uang digital di tahun-tahun berikutnya akan mengalami kenaikan yang signifikan.

Bukankah Anda sudah mendengar mengenai beberapa orang yang kaya secara mendadak disebabkan oleh investasi bitcoin ini?

  1. Kebebasan dan Kecepatan

Cryptocurrency menggunakan sistem terdesentralisasi dimana tidak melibatkan pihak ketiga maupun perantara seperti perbankan. Hal tersebut tentunya menjadikan transaksi Anda lebih bebas dan tanpa aturan yang mengikat. Aturan-aturan tersebut yang terkadang menghambat proses kecepatan dalam sebuah transaksi.

Apabila transaksi Anda menggunakan pihak ketiga sebagai perantara, Anda harus melakukan transaksi Anda pada jam kerja. Berbeda dengan cryptocurrency dimana Anda dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.

Pada dasarnya pembentukan cryptocurrency bertujuan untuk meminimalisir berbagai hambatan di dunia keuangan sehingga menghadirkan transaksi yang lebih aman dan nyaman.

  1. Identitas yang Aman

Apakah Anda termasuk seseorang yang menginginkan kerahasiaan identitas? Terkadang terdapat beberapa orang yang enggan untuk menunjukkan identitas aslinya ketika bertransaksi. Bukan berarti orang yang tidak bersedia menunjukkan identitas ketika bertransaksi adalah orang jahat, namun ada juga orang yang tidak bersedia menunjukkan identitas aslinya karena takut disalahgunakan.

Jika Anda merupakan tipe orang seperti di atas, maka bertransaksi dengan cryptocurrency akan menjamin keamanan dan kerahasiaan Anda. Namun jangan Anda salah gunakan ya!

  1. Menghindari Uang Palsu

Masalah yang sering dihadapi saat menggunakan uang konvensional adalah rentan terjadi pemalsuan uang dalam bertransaksi. Berbeda dengan mata uang digitalĀ  yang menggunakan sistem blockchain sehingga tidak memungkinkan terjadinya hal tersebut.

  1. Partisipasi dalam ICO

Apa itu ICO? ICO merupakan Initial Coin Offering dimana perusahaan dengan proyek tertentu yang menerbitkan mata uang digital sebagai sistem pembiayaannya. Banyak orang yang menjadi kaya raya setelah berpartisipasi dalam ICO dikarenakan proyek perusahaan tersebut berjalan lancar sehingga berdampak terhadap kenaikan harga koin yang fantastis.

Setelah membahas mengenai berbagai keuntungan yang mungkin akan Anda dapatkan, terdapat juga sejumlah kerugian yang kemungkinan akan terjadi, diantaranya:

  1. Dampak Peraturan Negara

Cryptocurrency merupakan mata uang yang nilainya dapat naik dan turun tergantung pada jumlah permintaan dan penawaran. Namun, tentunya nilai cryptocurrency dapat terus menurun apabila sebuah negara melarang peredaran mata uang digital tersebut. Oleh karena itu peraturan negara juga mempunyai andil yang cukup besar dalam mempengaruhi harga mata uang digital di pasaran.

  1. Rentan Terjadi Kesalahan

Tentunya Anda sudah mengetahui cara kerja sistem blockchain pada cryptocurrency dimana transaksi yang telah dikonfirmasi tidak dapat diubah. Oleh karena itu, jika Anda melakukan kesalahan dengan pengetikan alamat maupun pengetikan nominal transaksi maka dipastikan Anda akan kehilangan besaran dana yang telah Anda kirim tersebut.

  1. Transaksi Rumit

Transaksi pada cryptocurrency dibilang cukup rumit karena Anda harus membuat wallet, menyembunyikan IP, setiap transaksi menggunakan alamat yang terpisah dan lain sebagainya. Beberapa kerumitan ini juga sering kali menjadi kendala hingga membuat beberapa orang tidak lagi mendalami dunia cryptocurrency.

  1. Tidak Dilindungi oleh Undang-Undang

Dengan sistem terdesentralisasi tanpa pihak ketiga, dapat dipastikan bahwa segala transaksi yang Anda lakukan tidak mempunyai kejelasan legalitas serta tidak akan dilindungi oleh undang-undang pemerintah

Demikian ulasan mengenai keuntungan dan kerugian investasi cryptocurrency yang penting untuk Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang tersebut. Senantiasa manfaatkan segala peluang yang ada dan waspadalah terhadap berbagai risiko yang mungkin akan terjadi ke depannya. Semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi yang menambah wawasan Anda mengenai investasi cryptocurrency. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *