Grafik Kenaikan Harga Bitcoin
Image: Exploratory.io

Bagi Anda yang berkedudukan sebagai trader aktif di dalam dunia mata uang digital, tentu harga Bitcoin yang sangat fluktuatif akan sangat membahagiakan bagi Anda. Dengan memanfaatkan pergerakan harga Bitcoin yang sangat ekstrim tentu Anda akan memperoleh profit yang tinggi.

Namun akan berbeda halnya jika Anda berkedudukan sebagai pengguna Bitcoin untuk cash atau pembayaran. Misalnya saja saat anda menukarkan uang satu juta Anda menjadi bentuk Bitcoin sebagai alat pembayaran di dalam dunia online, tentu saja Anda tidak menginginkan bahwa nilai Bitcoin yang Anda miliki akan berkurang.

Hal ini tentu saja akan merugikan bagi Anda. Sifat Bitcoin yang sangat fluktuatif tentu akan menyebalkan bagi Anda.

Berikut 5 faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin jadi Fluktuatif:

1. Kecilnya Volume Bitcoin yang tersebar

Sudah diketahui bersama bahwa jumlah Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia memang dibatasi. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga nilai mata uang digital Bitcoin itu sendiri. Jika volume penyebaran Bitcoin tidak dibatasi maka nilai harga Bitcoin akan mengalami penurunan atau anjlok. Tentu saja hal ini akan membuat Bitcoin bukan menjadi sesuatu yang berharga lagi.

Karena volume pergerakan Bitcoin sedikit, maka di saat seseorang menjual maupun membeli Bitcoin akan sangat mempengaruhi harganya. Sehingga sangat memungkinkan untuk mempengaruhi harga Bitcoin menjadi berubah secara ekstrim. Volatilitas Bitcoin dapat diredam jika kondisi pengguna dan volume Bitcoin yang tersebar berjumlah seimbang.

2. Lebih Banyak Bitcoin Trader daripada Bitcoin User

Kebanyakan mereka yang menggeluti dunia Bitcoin memposisikan sebagai trader Bitcoin daripada Bitcoin User. Bitcoin trader memainkan Bitcoin layaknya saham yang dapat berubah harganya setiap detik. Sedangkan Bitcoin user adalah mereka yang menggunakan Bitcoin untuk bertransaksi saja.

Dengan banyaknya trader bitcoin daripada bitcoin user maka akan sangat mempengaruhi harga dari Bitcoin tersebut karena permainan para bitcoin trader ini. Dampaknya saat Bitcoin meningkat, mereka akan segera menjual Bitcoin secara bersamaan. Dan saat Bitcoin anjlok mereka akan membeli Bitcoin.

3. Berita Global

Bitcoin banyak mendapat sorotan dari berbagai media global di dunia. Hal ini terjadi karena Bitcoin merupakan mata uang digital yang pertama kali dikembangkan. Bitcoin juga mampu untuk mengubah sistem finansial dunia yang ada saat ini.

Berita global yang sedang tersebar juga dapat mempengaruhi nilai harga Bitcoin. Jika Bitcoin diterpa berita buruk maka harga Bitcoin biasanya akan anjlok atau mengalami penurunan. Sedangkan saat Bitcoin diberitakan baik maka nilai harga Bitcoi akan melambung tinggi.

Bagi bitcoin user, berita positif maupun negatif pada Bitcoin akan sangat mempengaruhi tingkat penggunaannya. Sedangkan bagi bitcoin trader maka dengan adanya berita global tersebut positif dan negatifnya akan dijadikan patokan dasar keputusan trading yang mereka lakukan.

4. Scam atau Penipuan Investasi

Bagi Anda yang memulai tertarik untuk menggeluti bisnis Bitcoin ini, sebaiknya Anda harus hati-hati. Pasalnya, Bitcoin rentan terjadi penipuan investasi. Banyak yang mempromosikan bahwa dengan berinvestasi pada Bitcoin akan memperoleh profit yang tinggi. Padahal kenyataannya Bitcoin sangat fluktuatif sehingga tidak bisa dipastikan.

Bisnis Bitcoin memang sangat memungkinkan Anda untuk bisa meraih keuntungan yang berlipat ganda dari modal awal yang Anda investasikan. Akan tetapi, jangan lupa bahwa Bitcoin juga bisa mengalami penurunan sewaktu-waktu yang bisa menyebabkan Anda akan mengalami kerugian yang besar.

Hal semacam ini juga dapat mempengaruhi mengapa Bitcoin begitu sangat fluktuatif. Hal-hal negatif yang diisukan tentu akan membawa pengaruh yang buruk terhadap nilai harga bitcoin tersebut, dan sebaliknya.

5. Bitcoin di-Hack dan Dibawa Kabur

Harga Bitcoin yang cukup tinggi memotivasi seseorang untuk bisa memilikinya. Seperti halnya di dalam dunia nyata, ada saja penjahat yang ingin merampok atau mencuri harta yang Anda miliki. di dunia digital pun demikian. Banyak juga hacker yang berusaha untuk membobol sistem keamanan Bitcoin agar bisa dicurinya.

Perlu diperhatikan bahwa Bitcoin yang Anda miliki harus dijaga dengan baik, Jika tidak maka Bitcoin Anda bisa dihack dan akan menghilang. Hilangnya bitcoin Anda sama saja dengan kehilangan harta benda yang Anda sayangi.

Tidak hanya dapat dihack. Jika wallet atau tempat penyimpanan Bitcoin anda hilang atau rusak maka Bitcoin Anda pun akan hilang. Misal laptop dan hp yang Anda miliki dibawa kabur oleh pencuri maka Bitcoin yang tersimpan di dalamnya pun dapat hilang dan tidak dapat ditelusuri. Sehingga Anda harus waspada terhadap segala bentuk kejahatan baik dunia nyata maupun dunia digital.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kenapa harga Bitcoin bisa sangat fluktuatif. Bagi Bitcoin trader memang hal ini sangat membahagiakan karena bisa dimanfaatkan untuk meninggikan profitnya. Akan tetapi bagi Anda Bitcoin user tentu hal ini akan sangat merisaukan bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *