Jenis Cryptocurrency
Image: NicheMarket.Co.Za

Jika Anda sudah memahami cryptocurrency dengan baik, maka Anda pasti sudah mengenal dengan jelas apa itu bitcoin. Bitcoin merupakan mata uang digital yang terpopuler saat ini dengan nilai yang mengalahkan nilai emas. Fantastis bukan ?

Bitcoin mulai muncul pada tahun 2009 dan diciptakan oleh seorang anynomous dengan nama Satoshi Nakamoto dengan sistem terdesentralisasi sehingga dapat digunakan tanpa perantara maupun pihak ketiga.

Bitcoin menawarkan sistem transaksi yang mudah dan universal tanpa aturan dari bank maupun negara yang mengikat. Siapa saja juga dapat menggunakan bitcoin tanpa harus mengungkapkan identitas aslinya, hal tesebut yang menjadikan bitcoin menjadi incaran para pengguna cryptocurrency.

Jika Anda beranggapan bahwa bitcoin merupakan mata uang digital dengan transaksi online yang menyebabkan bitcoin tidak memiliki nilai tukar terhadap mata uang konvensional, maka Anda harus mengoreksi anggapan Anda tersebut.

Tahukah Anda bahwa nilai tukar bitcoin saat ini setara dengan US$ 2.216,20? Nilai yang cukup fantastis jika dibandingkan dengan nilai tukar terakhir pada tahun 2013 yang hanya senilai US$ 84,1. Anda dapat melakukan penukaran bitcoin tersebut di website bitcoin exchange.

Terdapat beberapa merchants yang telah menggunakan bitcoin sebagai transaksinya, diantaranya yaitu Microsoft, Dell, Zynga, Paypal, Expedia, Overstock.com, Dish Network Virgin Galactic, Clearly Canadian, Sacramento Kings, Time Inc, Newegg, TigerDirect, PrivateFly dan Dynamite Entertainment.

Bitcoin sebagai cryptocurrency  terpopuler tidak hanya memiliki berbagai keuntungan, namun juga terdapat beberapa kelemahan yang patut untuk Anda ketahui. Berikut merupakan kelebihan dan kelemahan dari bitcoin.

Kelebihan Bitcoin:

  1. Bertransaksi menggunakan bitcoin dapat Anda lakukan kapanpun dan dimanapun tidak kenal batas dan tanpa aturan yang mengikat.
  2. Biaya transaksi dengan bitcoin lebih rendah jika dibandingkan dengan transaksi dengan pihak ketiga sebagai perantara seperti lembaga keuangan yang mempunyai biaya traksaksi yang relatif lebih tinggi, terlebih jika melakukan transaksi ke negara yang berbeda.
  3. Setiap transaksi dengan bitcoin dapat Anda lakukan dengan lebih aman. Anda tidak akan mengalami hal-hal seperti pemalsuan uang dan meminimalisir modus penipuan.
  4. Transaksi menggunakan bitcoin bersifat transparan karena semua pengguna tanpa terkecuali dapat melihat seluruh informasi tentang bitcoin tersebut.
  5. Nilai bitcoin tidak terpengaruh oleh inflasi, melainkan dipengaruhi oleh banyaknya jumlah permintaan dan penawaran di pasaran.
  6. Anda dapat menggunakan bitcoin tanpa harus menyertakan identitas pribadi, jadi Anda cenderung lebih nyaman dalam bertransaksi.

Kelemahan Bitcoin:

  1. Bitcoin masih belum dapat diterima secara menyeluruh sebagai mata uang dan alat pembayaran.
  2. Nilai tukar yang naik turun dapat dipengaruhi oleh banyaknya bitcoin yang beredar, jumlah trader yang lebih banyak daripada pengguna, adanya berbagai berita mengenai cryptocurrency, serta kemungkinan adanya peretasan.
  3. Software bitcoin yang masih terus mengalami perkembangan sehingga dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.
  4. Memberikan peluang yang cukup besar terhadap pelaku tindak kriminal, disebabkan oleh transaksi yang dapat dilakukan tanpa perantara sehingga lembaga keuangan atau bahkan pemerintah akan mengalami kesulitan dalam melakukan pelacakan transaksi.

Pelaku kriminalitas juga diuntungkan dengan transaksi yang dapat dilakukan tanpa menyertakan identitas pribadi. Selain itu, bitcoin juga memberikan peluang bagi seseorang yang enggan untuk membayar pajak dan melakukan sebuah pencucian uang.

  1. Jika Anda melakukan kesalahan dalam bertransaksi, misalnya kesalahan dalam melakukan transfer sejumlah nominal uang, salah mengetik alamat kirim, atau bahkan kehilangan hardisk tempat Anda menyimpan bitcoin Anda, maka Anda secara otomatis juga akan kehilangan bitcoin Anda.

Selain keuntungan dan kelebihan bitcoin yang harus Anda ketahui, hal yang tidak kalah penting untuk Anda pelajari adalah bagaimana cara untuk mendapatkan bitcoin. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan bitcoin dengan mudah:

  1. Menerima Bitcoin dari Orang Lain

Anda dapat menerima bitcoin dengan cara menukarkan sebuah jasa ataupun produk. Anda sebaiknya membuat dompet bitcoin terlebih dahulu atau menggunakan bitcoin wallet untuk menyimpan koin Anda.

  1. Membeli Bitcoin dari Platform yang Memperjualbelikan Bitcoin

Anda dapat memperjualbelikan bitcoin Anda melalui broker. Cara kerjanya hampir menyerupai money changer, perbedaanya hanya mata uang yang Anda beli adalah bitcoin dan Anda membelinya secara online.

  1. Menambang Bitcoin (Bitcoin Mining)

Anda dapat mendapatkan bitcoin dengan cara melakukan penambangan, namun cara tersebut dinilai cukup sulit. Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya bahwa bitcoin merupakan sistem global yang merekam seluruh jejak transaksi dari satu orang ke orang yang lain.

Proses perekaman tersebut dilakukan oleh sebuah pihak ketiga yang bertugas memastikan bahwa seluruh transaksi sudah direkam dan tersinkronisasi dengan baik. Pihak ketiga tersebut berupa ribuan komputer yang terdapat di seluruh dunia yang terhubung melalui internet. Komputer tersebutlah yang pada akhirnya diketahui sebagai penambang atau miners.

Kegiatan penambangan tersebut sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang besar dengan alatnya yang canggih karena proses penambangan memang membutuhkan biaya operasional yang besar untuk melakukan proses perhitungan yang rumit.

Jika Anda tertarik untuk melakukan penambangan secara perseorangan, maka Anda harus mempunyai sebuah keahlian khusus. Tidak sebatas itu, Anda juga harus mengeluarkan biaya yang besar untuk dapat melakukan proses penambangan tersebut.

Demikian segala informasi yang berkaitan dengan bitcoin. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai seluk beluk cryptocurrency. (DW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *