Make Money with CryptoCurrency
Image: Fee.Org

Bagi sebagian orang, CryptoCurrency mungkin masih terdengar asing di telinga. Lalu, apa itu CryptoCurrency?

CryptoCurrency bisa diartikan sebagai mata uang digital dimana mata uang tersebut mempunyai nilai uang tertentu namun tidak berwujud atau bukan berupa fisik seperti rupiah atau dollar. Misalnya, ketika di dompet anda mempunyai uang seribu rupiah, maka artinya anda mempunyai uang fisik berupa selembar uang seribu rupiah yang nantinya bisa di belanjakan untuk membeli rokok atau permen di warung. Namun, tidak demikian dengan CryptoCurrency.

Pada CryptoCurrency, dicontohkan anda mempunyai CryptoCurrency Bitcoin sebesar 1 BTC, artinya di wallet akun anda berisi uang digital sebesar 1 BTC yang bisa anda belanjakan melalui internet. Akan tetapi mata uang digital ini tidak ada wujud fisiknya seperti uang seribu tadi.

Untuk lebih jelasnya, berikut terdapat perbandingan antara mata uang rupiah dengan CryptoCurrency Bitcoin.

  1. Mata uang anda adalah rupiah, dapat berupa fisik lembaran kertas maupun koin logam yang mempunyai nilai 1000 rupiah, 2000 rupiah hingga 100000 rupiah. Sedangkan untuk CryptoCurrency, mata uangnya bernilai coin digital namun tidak berwujud fisik namun bernilai 1 BTC, 2 BTC dan seterusnya.
  2. Mata uang rupiah yang anda punyai misalnya berupa selembar 10.000 rupiah yang dapat anda simpan di dalam lemari, dompet, dan saku yang nantinya dapat disimpan berupa tabungan di Bank misalnya BCA, Mandiri, BNI dan sebagainya. Dan untuk mengisi atau melakukan transaksi dengan tabungan tersebut anda akan mempunyai nomor rekening dari bank yang anda pilih.

Sementara pada CryptoCurrency, uang digital tersebut bisa disimpan di akun CryptoCurrencyseperti Xapo, Blockchain, coinbase, multibit dan masih banyak lagi. Dan nama akun untuk menyimpan CryptoCurrencyinilah yang dinamakan wallet. Apabila anda ingin mengisi atau melakukan transaksi dengan akun tersebut nantinya anda akan mendapatkan Wallet Address (nomor rekening CryptoCurrency) sehingga akan memungkinkan anda menerima dan mengirim uang digital melalui wallet tersebut.

  1. Perlu di ketahui bahwa mata uang rupiah tidak berlaku secara international. Hanya orang Indonesia saja yang bisa bertransaksi menggunakan mata uang rupi Namun pada CryptoCurrency berlaku secara internasional. Sehingga anda bisa membelanjakan CryptoCurrency yang dimiliki tersebut secara internasional.
  2. Pada mata uang rupiah rentan akan terkena inflasi atau mengalami penurunan nilai mata uang. Hal ini pernah terjadi pada tahun 1995, nilai uang 100.000 rupiah mempunyai nilai yang sangat tinggi. Namun, untuk saat ini, uang 100.000 rupiah mempunyai nilai yang sangat kecil.

Berbeda dengan CryptoCurrency, pada awal dirilisnya uang digital pertama yaitu Bitcoin di tahun 2009 nilai 1 BTC saat itu bisa mencapai nilai 0,1 dollar atau sekitar 1000 rupiah. Namun untuk saat ini nilai 1 BTC sempat mencapai 10 juta rupiah. Bayangkan saja apabila dulu anda mempunyai 100 BTC yang dulunya hanya bernilai 100.000 rupiah saja. Apabila di jual cara menghitung nilainya yaitu 100 BTC x 10 juta rupiah = 1 miliar.

  1. Mata uang rupiah bisa disimpan di bank, apakah anda sempat berpikir bahwa uang yang anda simpan tersebut akan aman? Dimana uangnya disimpan? Siapa yang mengelola?

Beberapa pertanyaan tersebut mungkinkan akan muncul untuk CryptoCurrency. Sama halnya dengan uang yang anda simpan di bank, uang digital tersebut juga akan tersimpan pada wallet pribadi boat, akan tetapi uidentitas kepemilikan anda tidak akan di ketahui orang lain.

  1. Semakin banyak mata uang rupiah di gunakan atau beredar, membuat mata uang tersebut akan semakin mengecil. Tidak begitu dengan anda yang menggunakan CryptoCurrency, karena semakin banyak digunakan maka nilai CryptoCurrency akan semakin besar karena jumlah yang beredar sangat terbatas di dunia maya.

Penjelasan diatas merupakan gambaran sekilas mengenai CryptoCurrency untuk memudahkan anda memahami ulasan CryptoCurrency selanjutnya.

Ada banyak sekali CryptoCurrency yang ada di dunia dan beredar di dunia. Berikut beberapa CryptoCurrency yang sangat populer saat ini.

  • Bitcoin (BTC)
  • Ethereum (ETH)
  • Etherium Classic (ETC)
  • Doge Coin (Doge)

Yang menjadi pertanyaan yaitu, bagaimana bisa mendapatkan dengan cara CryptoCurrency?. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Pertama dan yang paling penting untuk memulai bisnis melalui CryptoCurrency anda harus mempunyai wallet atau nomor rekening mata uang digital yang dijadikan media untuk menyimpan uang digital anda. Sebagai contoh, anda bisa memilki wallet xapo.

Setelah mendaftar pada akun tersebut, sekarang anda sudah memiliki wallet yang harus disimpan dan diingat baik-baik wallet address anda. Hal ini dikerenakan wallet address tersebut merupakan nomor rekening untuk menerima maupun mentransfer mata uang digital.

  1. Langkah kedua, saat ini anda bisa mendulang koin bitcoin pada dunia maya.
  2. Pada artikel kali ini anda bisa menggunakan Bitcoin Faucet yang menyediakan bitcoin gratis dengan cara mengisi chapta. Dengan cara ini anda bisa menyiapkan akses internet atau menggunakan wifi gratis. Anda bisa mendaftarkan akun anda dengan cara memasukan wallet address kemudian isi chapta. Disana anda akan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin dengan minimal tertentu dengan rata-rata 0,00000200 BTC yang akan mengalir pada wallet anda.
  3. Bitcoin akan mengalir secara berkala, ada yang hanya 5 menit, 10 menit, 20 menit bahkan 1 jam sekali. Namun dengan menggunakan faucet durasi mendapatkan bitcoin setiap 5 menit.

Contoh penghitungan : 0,00000200 BTC (200 satoshi) maka BTC yang anda kumpulkan dalam satu jam adalah 60/5 menit x 0,00000200 BTC = 0,00024000 BTC/per jam. Jika harga 1 BTC = 10 juta, artinya anda akan mendapatkan uang sebesar 240rupiah/jam untuk satu situs Bitocin Faucet.

Bagaimana jika anda menjalankan selama 10 hari? 2400rupiah x 10 = 24.000rupiah/hari

Bagimana jika anda mempunyai 50 situs Bitcoin Faucet? Tinggal kalikan saja : 2400rupiah x 50 = 120.000 rupiah/hari. Artinya dalam satu bulan anda bisa mendapatkan uang sebesar 120.000 rupiah x 30 hari = 3.600.000 rupiah per bulan. Angka yang sangat lumayan bukan untuk menambah penghasilan anda.

  1. Langkah terakhir, anda bisa menukarkan bitcoin ke rupiah dengan ketentuan anda mempunyai bitcoin.co.id yang merupakan layanan exchanger dari bitcoin ke rupiah.

Apabila dilakukan secara tekun, maka tidak ada yang mustahil bagi anda untuk mendapatkan penghasilan diatas. selamat mencoba.

 

One Comment

  • eko

    Terima Kasih atas infonya, artikel ini sangat membantu
    Mau tanya gan, sy barusan buka akun di vip.bitcoin. Apakah sy perlu buat akun lagi di Xapo, Blockchain, coinbase, multibit dll?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *