BitCoins BootCamp
Image: BitCoin.Com

Meskipun sudah lama menggunakan internet, mungkin banyak diantara anda yang belum mengenal Cryptocurrency. Ya, Cryptocurrency sendiri merupakan sebuah mata uang digital yang dikelola oleh jaringan teknologi peer to peer dan dibuat dengan teknik enskripsi.

Layaknya mata uang nyata, mata uang digital ini pun memiliki beragam jenis. Hanya saja, pada setiap negara tidak memiliki mata uang digital sendiri, melainkan mata uang yang dapat digunakan dan diedarkan di seluruh dunia.

Nah dari sekian banyak mata uang digital ini, Bitcon merupakan salah satu yang terbesar, bahkan untuk satu bitcon dapat mencapai angka jutaan rupiah.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan nama sebuah mata uang digital terkuat di dunia yang memiliki nilai jutaan rupiah per coinnya. Untuk penyimpanan mata uang ini dapat dilakukan di tablet, PC/Smartphone.

Lalu untuk proses transaksi bitcoin pun dapat dilakukan di seluruh dunia dengan tujuan pengiriman kemanapun dan kapanpun. Untuk biaya pengiriman atau transfernya pun hampir tidak dikenai biaya satu rupiah pun.

Apa itu Altcoins?

Nama mata uang lain yang satu tingkat di bawah Bitcoin disebut dengan nama Altcoins. Meskipun nilai dari mata uang ini tak setinggi Bitcoins, namun Altcoins tetap memiliki nilai yang cukup tinggi, yaitu tidak kurang dari ratusan ribu rupiah per coinnya.

Sebenarnya, nama Altcoins sendiri berasal dari kepanjangan Alternative Coins (Cryptocurrency), dimana makannya sendiri merupakan coins yang ada di dunia digital namun selain Bitcoin.

Siapa pencipta Bitcoin?

Meskipun sudah lama digunakan di dunia digital, bahkan perusahaan-perusahaan raksasa dunia pun banyak yang menggunakannya, namun penemu resmi dari mata uang Bitcoin ini sampai sekarang belum jelas.

Akan tetapi, beberapa waktu terakhir penemu Bitcoins ini mengaku bahwa dirinya adalah Satoshi Nakamoto. Tak hanya menciptakan Bitcoins, namun Satoshio Nakamoto ini pun merupakan seorang atau grup yang berada di bekalang berdirinya teknologi Blockhain.

Hanya saja untuk identitas pribadinya sampai saat ini belum diketahui jelas meskipun hasil penemuannya ini telah diakui kehebatan dan manfaatnya.

Apa itu Blockchain?

Karena memiliki nilai yang cukup tinggi tak heran jika transaksi yang dapat dilakukan dengan Bitcoins harus memerlukan pengamanan yang ekstra ketat. Nah hal ini pun telah didukung dengan adanya Blockchain, yaitu seuah jaringan blokck yang dapat menyimpan semua data transaksi dalam jaringan terdistribusi.

Teknologi inipun dapat disimpan dengan aman dan otentik tanpa dapat dirubah oleh orang lain. Awalnya. Biockchain ini muncul bersamaan dengan mata uang digital Bitcoins, namun setelah sekian lama ternyata Blockchain pun memiliki manfaat lain diluar Bitcoins tersebut.

Apa itu Bitcoins Wallet?

Nah kemudian bagaimana dengan penyimpanan dan transaksi yang dilakukan dengan Bitcoins? Untuk penyimpanan dan transaksi Bitcoins sendiri dapa anda lakukan melalui Bitcons Wallet atau dompet bitcoins.

Biasanya, Bitcoins wallet ini berupa sebuah akun mobil atau aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengirim bitcoins dari dan dimana saja. Sebagai bentuk keamanan, Bitcoins Wallet ini memiliki private key yang perlu anda rahasiakan.

Selain itu, Wallet yang sudah terinstal dapat dengan mudah diamankan, sehingga ketika smartphone atau PC yang anda gunakan hilang, Wallet yang terinstal dapat tetap diakses dan diamankan.

Sedangkan untuk kemudahan transaksi, Bitcoins Wallet juga dibekali dengan Bitcoins Address yang dapat anda sebar untuk menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoins.

Apa itu Bitcoin Address?

Seperti yang sudah disebutkan sekilas pada point sebelumnya, jika Bitcoin Address atau Public Address merupakan alamat yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin.

Seperti perumpamaan nomor rekening bank yang dapat anda sebarkan pada orang lain yang hendak melakukan transaksi pembayaran ke akun atau rekening anda.

Hanya saja, untuk Bitcoin Address ini setiap pengguna dapat menciptakan sendiri alamatnya di dompet Bitcoins. Nah pada beberapa lembaga, sering kali menggunakan kode QR di websitenya untuk kemudahan menerima donasi Bitcoin.

Apa itu Miner?

Sebelum anda bertanya apa itu Miner? Yang perlu anda tanyakan sebenarnya adalah, bagaimana cara mendapatkan Bitcoin tersebut? nah untuk mendapatkan Bitcoin ini, anda dapat melakukan proses “mining” dan proses mining inilah yang disebut dengan Miner.

Para Miner profesional biasanya menggunakan komputer canggih untuk mengurai matematika komplek hanya untuk menemukan block baru Bitcoin. Nah setelah block baru ini ditemukan, maka penemuan akan mendapat sejumlah BTC dari sistem.

Dan kabar baiknya, siapapun dapat menjadi seorang Miner dengan syarat memiliki komputer canggih yang bisa bekerja nonstop selama 24 jam per hari untuk menjalakan program mining dan tentu saja kemampuan mining.

Apa itu Mining?

Nah mungkin pada pembahasan di atas anda masih sedikit bingung dengan apa sih itu Mining? Mining merupakan sebuah proses penambangan Bitcoin. Berbeda dengan mata uang lain yang dibuat oleh bank sentral.

Bitcoin ini merupakan mata uang yang didapat dari proses penambangan melalui sistem. Nah ketika seorang Miner telah berhasil menyelesaikan matematika kompleks serta menemukan block baru Bitcoin, maka dia akan dihadiahi BTC oleh sistem.

Pada awalnya, sat block ada 50 BTC, hanya saja untuk saat ini terdapat 25 BTC per block dan selanjutnya akan terus berkurang setiap 4 tahun sekali hingga hanya tersisa 21 juta BTC di dunia.

Apa itu Block?

Block sendiri merupakan kumpulan dari data transaksi yang menjadi elemen penting dan dasar Cryptocurrency seperti Bitcoin. Ketika anda melakukan transaksi Bitcoin melalui Wallet maka data tersebut akan dirangkai menjadi Block.

Selanjutnya block akan dicek oleh para Miner dan diverivikasi kebenarannya. Nah saat verifikasi tersebut berhasil, maka transaksi Bitcoins tersebut akan memperoleh 1 konfirmasi.

Apa Itu Block Reward?

Setelah berhasil melakukan hash pada suatu block transaksi, seorang penambang akan mendapat reward yang disebut dengan Block Reward. Pada 2009 lalu, dimana block Bitcoin pertama kali tercipta, penambang tersebut berhasil mendapat reward sebesar 50 BTC dan terjadi pula pada block-block berikutnya.

Hanya saja, Block Reward akan dipotong setengah ketika block dengan jumlah tertentu tidak berhasil ditambang. Dalam kasus Bitcoin sendiri, ambang batas jumlah block yaitu 210.000 dan hal ini terjadi dalam jangka waktu 4 tahun sekali.

Nah itu dia beberapa penjelasan dan pengertian dari beragam istilah atau nama yang digunakan dalam Cryptocurrency. Jadi sudah siapkan anda untuk melakukan penambangan Bitcoin dan menjadi seorang milyader?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *