Image: Dok. Pribadi

Pada saat ini telah banyak yang mengikuti bisnis dengan cryptocurrency, karena bisnis yang akan dijalankan dengan cryptocurrency sangat mudah dan dapat menguntungkan hingga puluhan juta rupiah. Hanya dengan modal yang sedikit untuk membeli bitcoin maka akan bisa melakukan trading atau jual beli mata uang digital dengan cryptocurrency.

Bisnis dengan cryptocurrency juga tak membutuhkan pihak ketika, karena anda akan secara langsung melakukan trading cryptocurrency pada pengguna lain, yaitu dengan menginvestasikan uang anda kedalam mata uang digital.

Pada awal-awal misalnya dalam waktu 1 hingga 2 bulan memang kemungkinan kehilangan uang sangat memungkinkan, namun ini tentunya merupakan hal yang masih wajar dalam dunia berbisnis. Karena sebelum suatu usaha dapat dikembangkan tentunya akan mengalami kegagalan terlebih dahulu. Namun anda tak perlu khawatir, karena tentunya ada cara yang dapat digunakan untuk meminimalisir resiko kehilangan sejumlah uang anda dalam berbisnis cryptocurrency, caranya tentunya dengan menerapkan strategi yang benar.

Sebenarnya, jika melakukan trading cryptocurrency mudah dilakukan dan tanpa adanya resiko maka mungkin setiap orang akan menjadi trader, namun ini tentunya tidak mungkin terjadi. Karena tak banyak orang yang mengetahui cara bisnis cryptocurrency. Namun jika anda melakukan trading cryptocurrency dengan sabar dan strategi yang matang maka bukan hal yang mustahil jika anda akan mampu memperoleh keuntungan yang besar dari cryptocurrency.

Cryptocurrency sebenarnya adalah mata uang digital, namun tentunya ini bukanlah hanya sekedar angka digital yang digunakan oleh orang sebagai uang. Cryptocurrency merupakan teknologi yang berupa buku besar terdesenterlisasi dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun oleh publik, asalkan terhubung dengan jaringan internet. Mata uang digital yang dicetak pertama kali oleh cryptocurrency adalah bitcoin. Dimana dengan teknologi kriptografi yang disebut dengan blockchain. Cryptocurrency memproduksi uang digital berbagai jenis yaitu, litecoin, drakcoin, dan coin-coin lainnya.

Karena menggunakan sistem desentralisasi maka dalam cryptocurrency tidak ada pihak, lembaga, perusahaan atau perorangan yang dapat mengontrol cryptocurrency. Desain yang dibuat ada cryptocurrency membuat semua transaksi berjalan secara virtual, tanpa andanya kesalahan. Bahkan cryptocurrency bukan hanya dapat di transfer dalam bentuk uang digital saja, melainkan juga untuk mentransfer saham perusahaan, aset, komoditas, kontrak, maupun escrow servics.

Teknologi yang digunakan ini berpotensi dapat mengubah masa depan dunia dalam hal finansial, karena pasar akan menjadi lebih demokratis dan mampu menghilangkan orang yang tidak jujur dalam industri perbankan

Yang terpenting sebelum melakukan cryptocurrency adalah mengetahui istilah-istilah yang ada dalam cryptocurrency, karena bila anda belum mengetahui teknik dasar dari cryptocurrency akan membuat anda bingung. Anda juga harus mengetahui cara berbisnis, karena dalam cryptocurrency akan ada sebuah proses trading dan investasi.

Pada saat ini yang menjadi tresers adalah orang-orang yang sudah lama menggunakan cryptocurrency, karena telah mengetahui cara trading cryptocurrency yang baik. Tak luput penambang, programer, dan orang-orang yang memahami tentang teknologi juga ikut dalam proses trading cryptocurrency, karena memang cryptocurrency merupakan bisnis yang sangat menguntungkan pada saat ini.

Sebelum anda melakukan trading cryptocurrency tentunya anda harus memiliki bitcoin terlebih dahulu. Ada banyak pasar yang menyediakan atau menawarkan jasa jual beli cryptocurrency dengan mata uang rupiah atau dengan mata uang negara lain. Namun disarankan, anda terlebih dahulu membeli bitcoin dari pada jenis cryptocurrency yang lainnya. Karena hanya dengan beberapa bitcon saja anda akan mudah menukarnya dengan uang digital lainnya. Selain bitcoin anda juga bisa dengan menggunakan altcoin.

Sebagai pengetahuan, jangan membeli bitcoin secara utuh, karena harganya mahal, yaitu 1 bitcoin dihargai dengan harga $390. Sehingga anda perlu membelinya sebagian saja, misalnya 500 ribu sahtosi maka anda akan mendapatkan 0.005 bitcoin. 500 ribu sathosi setara dengan $2. Salah satu jasa yang menyediakan tempat jual beli bitcoin adalah bitcoin.co.id atau juga bisa ke tempat lain yang sesuai dengan tempat anda tinggal.

Setelah anda memiliki bitcoin yang akan menjadi modal anda untuk melakukan trading cryptocurrency maka selanjutnya adalah mencari pasar yang baik. Misalnya di bitcoin.co.id namun anda bisa menggunakan jasa tempat lain yang sesuai dengan pilihan anda.

Namun anda jangan sampai salah dalam mencari penambang yang akan dijadikan tempat anda untuk melakukan trading cryptocurrency. Jika salah memilih maka bisa jadi anda akan mengalami penipuan. Maka sebelum menemukan tempat yang cocok dijadikan trading cryptocurrency maka lihatlah ke beberapa situs yang menawarkan jasa cryptocurrency, kemudian pilih salah satu yang memiliki peluang jangka panjang, maksudnya apakah dalam jangka panjang, situs ini akan mengalami kebangkrutan atau tidak.

Jangan memilih situs yang baru berdiri, karena situs yang baru berdiri akan memiliki kenaikan harga yang tidak relevan, sehingga kemungkinan bangkrut akan sangat terjadi. Sebagai saran pilihlah vendor yang salah satunya terdapat investor oleh Google Ventures karena sudah jelas terpercaya.

Setelah anda memilih salah satu vendor yang akan dijadikan tempat trading cryptocurrency, maka anda bisa langsung melakukan trading cryptocurrency dengan memahami grafik dari mata uang digital yang ada.

Dasar-dasar dari trading cryptocurrency tentunya harus sangat diperhatikan. Dalam meneliti suatu pasar, biasanya seorang traders akan mengacu pada analisa fundamental, sehingga dengan begitu anda akan dapat memahami informasi yang berkaitan dengan pasar. Yang lebih penting adalah, anda harus memahami naik turunnya harga yang ada pada vendor tersebut. Karena jika anda memfokuskan pada grafik maka akan dapat memahami naik turunnya harga secara mudah.

Karena naik turunnya harga adalah kunci dalam mencari keuntungan dari cryptocurrency. Dimana anda harus mampu memanfaatkan naik turunnya harga untuk mendapatkan keuntungan. Karena anda harus membeli coin ketika harga sedang turun dan menjualnya lagi ketika harga sedang naik. Mengapa begitu? Karena orang tidak akan menjual koinnya ketika harga sedang naik, sehingga ketika harga sedang naik maka inilah peluang anda untuk menjual kembali coin yang telah anda beli, namun tentunya menjual dengan harga yang tinggi.

Anda juga bisa dengan membeli coin saat harganya sedang anjlok, karena sewaktu-waktu tentunya harga dari koin tersebut akan kembali naik. Ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda. Anda juga bisa dengan melakukan penelitian dengan membandingkan harga coin dari situs jasa jual belinya coin. Anda bisa membeli coin dari satu situs dengan harga yang murah dan menjaulnya pada situs lain yang harganya mahal. Ini disebut dengan keuntungan dari selisih harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *