Cryptocurrency Capitalism System
Image: AltCoinToday.Com

Bisnis online memang menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hanya bermodal internet, anda bisa mendapatkan penghasilan yang tidak kalah dengan bisnis lainnya.

Jika anda sudah terbiasa berbisnis online atau bahkan saat ini tengah menjalankan bisnis tersebut, mungkin istilah Bitcoin sering anda dengar. Bitcoin yaitu salah satu mata uang digital yang cara mendapatkannya dengan cara menambang. Menambang buka berarti mata uang tersebut anda tampung pada suatu tempat, akan tetapi menambang yang dimaksud adalah menyimpannya pada komputer anda. Dengan kata lain computer anda berfungsi sebagai kalkulator yang digunakan untuk memecahkan blocks. Blocks tersebut nantinya akan mendapatkan reward berupa bitcoin.

Saat ini keberadaan Bitcoin menjadi salah satu mata uang asing atau CryptoCurrency yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan, di Indonesia merchant ada yang sudah menggunakan Bitcooin sebagai alat pembayaran. CryptoCurrency yang satu ini memang tengah menjadi perbincangan hangat, hal ini dikarenakan all time high pernah setara dengan satu troy ounce emas.

Saat ini, nilai CryptoCurrency Bitcoin masih sangat tinggi. Nilai satu bitcoin setara dengan kurang lebih US$ 1100. Melihat kesukseannya tersebut, saat ini bermunculan pula mata uang atau CryptoCurrency sejenis seperti dogocoin, litecoin, dashcoin dan masih banyak lagi.

Lalu, mengapa banyak orang asing menyukai Bitcoin? Berikut ulasannya.

  • Memudahkan pembayaran

Di beberapa seperti Tiongkok, ternyata mereka merasa kesulitan membelanjakan uang renminbinya di luar negeri. Hal ini di karenakan, adanya kebijakan dari pemerintah Tiongkok sendiri. Namun, untuk para masyarakatnya, hal tersebut bisa menjadi masalah untuk mereka yang akan bepergian keluar negeri.

Perlu di ketahui bahwa CryptoCurrency tidak memilki restriksi kebijakan moneter dari Negara manapun, sehingga lebih simple di gunakan apabila anda ke luar negeri. Menggunakan bitcoin juga tidak membutuhkan adanya transaksi fisik yang nantinya akan memudahkan para pengguna untuk bertransaksi. Di bandingkan dengan uang kartal yang mengharuskan anda mengubah mata uang rupiah anda terlebih dahulu pada money changer. Sehingga CryptoCurrency sangat bisa diandalkan.

  • Melambatnya pertumbuhan bitcoin

System menambang tersebut diatur sebagaimana rupa supaya semakin lama uang digital yang didapatkan akan semakin sulit di dapatkan. Untuk CryptoCurrency seperti Bitcoin sendiri tentu dapat menjaga nilainya. Hal ini dikarenakan demand untuk mata uang digital akan tetap ada selama terdapat merchant yang mau menggunakan bitcoin untuk alat pembayaran.

  • Semakin di terima masyarakat global

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa bitcoin sudah bisa diterima sebagai salah satu alat pembayaran. JIka CryptoCurrency terus menerus di gunakan untuk membeli barang maupun jasa secara rill, maka dapat di pastikan bahwa demand untuk mata uang digital ini akan selalu terjaga.

  • Pembukaan rekening yang sangat mudah

Berbeda dengan cara membuka rekening bank yang cukup rumit ketika mendaftar, membuka rekening untuk menampung CryptoCurrency sangat mudah di lakukan. Bahkan, mata uang Mrai cukup hanya menggunakan media social telegram yang aktif saja.

Untuk bitcoin sendiri, pada setiap website akan memberikan beberapa syarat dan ketentuan berbeda dan rumit, akan tetapi tidak sesulit dan serepot ketika mendaftar rekening bank.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, anda tetap harus berhati-hati  dna waspada terhadap penggunaan CryptoCurrency sebagai alat pembayaran. Untuk menjaga kewaspadaan anda terhadap kekurangan CryptoCurrency, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Tidak semua CryptoCurrency bisa di gunakan sebagai mata uang

Sekarang ini, alat pembayaran yang mudah di terima hanyalah bitcoin. Apabila anda menambang atau memakai CryptoCurrency lainnya, anda harus berhati-hati. Jangan sampai tertipu dengan adanya tawaran membeli CryptoCurrency lainnya.

  1. Tidak layak di jadikan investasi

Memang benar, bahwa nilai kapitalisasi CryptoCurrency akan meningkat dari waktu ke waktu. Namun perlu di ketahui bahwa nilai fluktuasinya sangat tidak bisa di prediksi. Hal ini disebabkan karena tidak ada satu Negara pun yang mengandalkan mata uang digital ini. Untuk itu, jangan sampai anda termakan oleh tawaran untuk berinvestasi di CryptoCurrency. Untuk itu, anda bisa menggunakannya sebagai kemudahan pembayaran atau sebagai penghasilan sampingan anda.

  1. Mudah digunakan sebagai investasi bodong

Kelemahan pada CryptoCurrency ini yaitu tidak adanya regulator yang mengendalikan mata uang digital ini. Banyak spekulasi yang beredar bahwa terdapat investasi bodong dengan memanfaatkan CryptoCurrency ini. Skema money game dan skema Ponzi tumbuh subur berkat mata uang digital yang satu ini. Untuk itu, anda tetap harus berhati-hati terhadap tawaran investasi yang menggunakan CryptoCurrency. Ingat, bahwa untuk mendapatkan uang dibutuhkan usaha terlebih dahulu.

  1. Tidak stabil

Bitcoin merupakan mata uang asing yang bersifat spekulatif. Sedangkan bisa di lihat saat inu belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan penjualan dan pembelian ptoduknya dengan bitcoin sebagai alat pembayarannya.

  1. Beresiko dicuri dan hilang

Bisa dikatakan bahwa bitcoin menjadi mata uang virtual karena bitcoin disimpan dalam bentuk file digital yang di sebut dengan wallet file. Dalam penggunaannya, wallet file ini mirip dengan fungsi dompet penyimpan uang tunai.

Wallet file yang di simpan pada hard disk atau peralatan elektronik lainnya sangat rentan mengalami kerusakan. Tak hanya itu, virus juga bisa menyerang hard disk yang bisa membuat bitcoin yang tersimpan menjadi hilang begitu saja.

Bahkan, digital tersebut juga bisa di retas bahkan dicuri melalui malware. Belum lagi jika terdapat isi hard disk pemilik bitcoin terhapus tanpa sengaja. Akan lebih menyakitkan dari kehilangan uang tunai, karena kehilangan wallet file ini anda tidak bisa menelusuri kemana hilangnya bitcoin tersebut.

  1. Alat pencucian uang

Perlu di garis bawahi bahwa penggunaan mata uang bitcoin tidkak di control oleh pemerintah maupun lembaga keuangan yang berwenang. Akibatnya, kondisi tersebut akan membuka peluang besar untuk melakukan tindakan criminal seperti pencucian uang juga penghidaran pajak.

Kurangnya kendali dari pemerintah juga membuat bitcoin ini tampak tidak bernilai. Selain itu, sebagian pengamat keuangan menganggap bahwa bitcoin sebagai mata uang yang illegal karena tidak di dukung denfan peraturan perundangan yang sah di mata hukum.

Untuk itu, selalu belajar mengenai keuangan yang baik dan benar akan membantu anda dalam memperdalam ilmu dari CryptoCurrency ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *