Fakta Menarik Mengenai Bitcoin
Image: CNET.Com

Banyak yang dibuat bingung dengan kemunculannya. Bitcoin dikembangkan pada tahun 2009. Sejak kemunculannya banyak orang dibuatnya heboh dan bingung. Heboh karena merupakan bisnis baru yang menguntungkan dalam waktu yang sigkat. Bingung, terhadap bagaimana sistem bermain Bitcoin.

Bitcoin hakekatnya merupakan uang virtual yang hanya bisa digunakan di dalam dunia digital. Meskipun Bitcoin berlaku hampir di semua negara di dunia, akan tetapi Bitcoin berbeda dengan uang konvensional seperti Dollar Amerika.

Berikut fakta-fakta menarik mengenai uang digital Bitcoin yang wajib Anda ketahui:

1. Harga Bitcoin Didasarkan pada Demand dan Supply

Sudah dijelaskan di atas bahwasanya Bitcoin berbeda dengan uang konvensional. Bitcoin tidak dimiliki oleh negara manapun. Uang konvensional dimiliki oleh negara tertentu, dan perputarannya diawasi oleh pemerintah dan lembaga keuangan yang berwenang.

Berbeda dari uang konvensional, tidak ada suatu negara maupun lembaga yang berhak mengawasi dan mengatur terhadap uang digital Bitcoin.

Harga Bitcoin tidak dipengaruhi situasi politik pemerintahan. Harga Bitcoin hanya dipengaruhi oleh tinggi rendahnya demand dan supply yang ada. Jadi, Anda jangan heran jika harga bitcoin bisa sangat labil dan berubah setiap detiknya.

2. Jumlah Bitcoin yang Beredar Terbatas

Jumlah bitcoin yang beredar di seluruh dunia adalah terbatas. Hanya tersedia sekitar 21 juta saja Bitcoin yang beredar di seluruh dunia. Hal ini sengaja dilakukan untuk tetap menjaga nilai mata uang Bitcoin tersebut. Dengan jumlah yang terbatas akan membuat Bitcoin lebih berharga seperti halnya emas.

Jika jumlah peredaran Bitcoin tidak dibatasi maka tentu saja maka tentu saja nilai dari mata uang tersebut akan turun. Hal ini justru akan membuat rugi para investor yang melakukan investasi pada Bitcoin ini.

3. Transaksi dalam Bitcoin Transparan

Setiap member Bitcoin mampu untuk melihat semua transaksi yang dilakukan oleh Bitcoiners lainnya. Meskipun kepemilikan dari Bitcoin bisa ditutupi akan tetapi transaksi yang dilakukan baik penjualan maupun pembelian Bitcoin bisa dilihat oleh semuanya.

Transaksi yang dilakukan pada Bitcoin akan tercatat di dalam sebuah buku yang biasa disebut dengan Blockchain. Bahkan di dalam Blockchsin tersebut tercatat tentang transaksi Bitcoin yang pertama kali dilakukan di dunia.

4. Menyimpan Bitcoin dengan Aman

Keamanan dompet Bitcoin atau yang biasa disebut wallet harus menjadi yang Anda prioritaskan. Anda bisa menggunakan komputer, laptop, tablet, atau hardware lainnya yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai wallet atau dompet Bitcoin.

Namun sayangnya, apabila handphone atau leptop yang Anda gunakan sebagai dompet Bitcoin mengalami kerusakan atau hilang maka Bitcoin yang Anda miliki pun akan lenyap juga. Oleh karena itulah Anda harus memilih tempat yang terpercaya dan aman layaknya Anda sedang mencari Bank.

Jika Anda merasa khawatir saat menggunakan hardware yang Anda miliki sebagai wallet Bitcoin, Anda tidak usah khawatir. Karena saat ini juga tersedia jasa penyimpanan Bitcoin atau jasa wallet Bitcoin yang gratis dan tidak dikenakan biaya apapun.

Wallet Bitcoin tersebut tersebar di berbagai negara. Biasanya mereka akan menyimpan Bitcoin yang Anda miliki dengan hot and cold storage, otentikasi multi-faktor dan berbagai protokol keamanan yang lain yang mampu menjaga Bitcoin-bitcoin yang Anda titipkan.

5. Anda Bisa Membeli 0.00000001 Bitcoin Saja

Di dalam bisnis Bitcoin, Anda tidak diharuskan untuk memiliki minimal satu Bitcoin. Melainkan Anda dapat membeli satu satoshi saja. Satoshi merupakan term terkecil di dalam jumlah satuan Bitcoin. Satu satoshi bernilai 0.00000001 Bitcoin.

Seseorang yang berbisnis Bitcoin, belum tentu harus memiliki uang yang jumlahnya mencapai jutaan rupiah. Akan tetapi hanya dengan memiliki uang senilai 10.000 rupiah saja, Anda juga bisa bermain Bitcoin ini.

6. Bitcoin dapat Digunakan sebagai Sarana Tindak Pencucian Uang

Bitcoin dapat digunakan sebagai alat atau sarana tindak pencucian uang. Hal ini terjadi karena Bitcoin tidak diurusi dan diawasi oleh pemerintah atau lembaga lain. Bitcoin tidak dimiliki oleh negara dimana pun. Sehingga tidak ada satu pun negara yang berhak untuk mengawasi Bitcoin tersebut.

Penyimpanan kekayaan dalam bentuk Bitcoin sangat bisa dilakukan. Selain aman dari pengawasan, tindak pencucian uang dalam bentuk bitcoin tidak akan dikenakan pajak. Oleh sebab itu ada beberapa orang yang menggunakan kesempatan ini untuk tindak pencucian uang.

7. Bermain Bitcoin Bisa Kaya Mendadak dan Miskin Mendadak

Bagi semua pemain Bitcoin tentunya sudah tau bagaimana tantangan dalam bermain Bitcoin. Bitcoin sangat fluktuatif. Nilainya sangat labil dan cepat sekali berubah bahkan dalam hitungan detik. Kemampuan menganalisa Anda dipertaruhkan disini. Bahkan yang sudah pandai menganalisa pun bisa jadi juga pernah mengalami kebangkrutan.

Karena Nilai Bitcoin yang dapat berubah setiap saat, maka kemungkinan seseorang untuk bisa kaya mendadak ataupun sebaliknya, miskin mendadak sangat wajar terjadi. Jika Anda sudah berani memulai bisnis ini, maka harusnya Anda sudah paham akan resiko seperti ini.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *