Waspada Penipuan Bitcoin
Image: CalvinAyre.Com

Akhir-akhir ini harga Bitcoin terus merangkak naik, hal inilah yang menjadikan alasan banyak orang tertarik untuk mencoba jenis uang alternatif terbaru. Tidak butuh waktu lama sebagian orang telah menyadari keuntungan yang didapat dari desentralisasi uang ini.

Hal tersebut terjadi karena Bitcoin tidak ada hubungan dengan sistem perbankkan pada umumnya, seperti biaya yang tinggi, birokrasi, faktor eksternal pada tingkatan mata uang dan lain-lain. Sekarang ini banyak perusahaan global dunia untuk memutuskan bekerja dengan sistem uang digital.

Dengan meningkatnya Bitcoin ini juga menjadi kesempatan orang-orang jahat untuk melakukan penipuan Bitcoin. Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir didapat data penipuan Bitcoin dapat dijumlahkan dalam ratusan juta USD. Data tersebut belumlah final 100% karena masih banyak korban penipuan yang tidak melaporkan akan kasus tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari penipuan Bitcoin yang bisa Anda catat.

Tips 1 : Jangan Mudah Tertipu dengan Hal yang Mudah

Biasanya para penipu dalam melakukan penipuan bitcoin melakukan pengiriman alamat bitcoin dan sebuah kunci pribadi secara acak hal ini dilakukan untuk meminta mengirim uang ke alamat email seseorang. Para penipu mempunyai modus yang seolah-olah Anda akan mengambil uang dari seseorang, namun yang terjadi adalah sebaliknya.

Di dalam sebuah file teks yang dikirimkan ke Anda sebenarnya sudah terselipkan sebuah file exe yang dieksekusi, dan apabila Anda sudah menginstallnya maka penipu tersebut sudah mempunyai akses ke Dompet Bitcoin yang Anda miliki.

Tips 2 : Hati-Hati dengan Link yang Mencurigakan

Janganlah mudah tertipu dengan link-link yang tidak dikenal atau mencurigakan. Karena dalam email Anda pasti banyak sekali penawaran Bitcoin dari beberapa layanan Bitcoin populer yang menyarankan Anda untuk mengunjungi sebuah situs WEB, yang dimana di sana akan menggunakan informasi dari dompet Bitcoin Anda.

Tips 3 : Hati-Hati Terhadap Iklan dari Google

Berhati-hatilah terhadap iklan yang dikeluarkan oleh Google, karena banyak penipu yang dengan sengaja membeli sebuah tempat iklan melalui Google AdWords dengan referensi link menuju ke situs-situs yang dimiliki oleh penipu tersebut.

Biasanya tampilan dari situs tersebut memiliki tampilan layaknya sebuah situs Bitcoin yang populer seperti BTC-e atau Blockchain. Nah apabila Anda menemukan sebuah iklan semacam itu segeralah melaporkan ke pihak Google supaya iklan tersebut di hapus, Agar tidak ada korban penipuan.

Tips 4 : Hindari Penawaran yang Tidak Masuk Akal

Jika ada sebuah penawaran untuk meningkatkan Bitcoin secara cepat, janganlah mudah tertarik karena hal tersebut sangat rawan dengan penipuan Bitcoin. Yang perlu Anda ingat tidak ada sebuah bisnis yang didapat secara Instan.

Tips 5 : Jangan Unduh dari Situs yang Mencurigakan

Jika Anda suka mendownload, untuk bisnis Bitcoin ini Anda harus lebih hati-hati. Jangan sampai mendownload software dari situs yang tidak dikenal atau mencurigakan, karena hal tersebut biasanya mengandung virus yang bisa mencuri Bitcoin Anda.

Tips 6 : Pisahkan Komputer E-Wallet dari Komputer Harian

Untuk menjaga keamanan e-wallet Bitcoin anda maka pisahkanlah komputer tersebut dengan komputer keseharian Anda, dan putuslah jaringan internet apabila tidak dibutuhkan. Karena pencurian data biasa dilakukan melalui situs-situs yang terhubung dengan Internet.

Namun meskipun pengamanan Bitcoin sudah dilakukan bukan tidak mungkin kasus Penipuan Bitcoin yang lebih canggih sulit untuk dihindari. Seperti yang mungkin pernah Anda dengan tentang kasus penipuan bursa, jasa pertambangan cloud dan banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini contoh beberapa kasus penipuan mengenai Bitcoin:

Besarnya kerugian terkait Bitcoin biasanya terkait dengan Bitcoin Savings & Trust ($1.834.301), Mt. GOX ($450.000.000) dan MyBitcoin ($1.110.545). namun ada beberapa hal yang terakhir yang belum diklarifikasi apakah sebagai penipuan atau tidak, karena belum ada bukti yang bisa ditunjukan. Namun banyak orang yang sudah kehilangan uangnya di sana.

  1. Bitcoin Savings & Trus atau yang sebelumnya pernah dikenal dengan istilah “First Pirate Saving & Trust” adalah sebuah perlindungan uang secara virtual. Dan sudah berjanji untuk melunasi kepada orang-orang yang sudah menginvestasikan Bitcoin di sana. Namun itu semua termasuk skema Ponzi yang khas dengan definisi
  2. Mt. Gox merupakan pertukaran Bitcoin populer yang mempunyai kantor pusat di Tokyo. Dan mulai dibuka pada tahun 2010, bahkan pada tahun 2013 sudah bisa menangani 70% dari semua transaksi Bitcoin. Pada tahun 2014 Mt. Gox dinyatakan bangkrut akibat Hacking.

Hasil dari kejahatan tersebut sebanyak 850.000 Bitcoin berhasil dicuri. Namun dalam hal ini masih sulit untuk menjelaskan alasan yang sebenarnya, apakah sebuah pencurian, salah kelola atau penipuan? Atau bahkan kombinasi dari 3 faktor tersebut.

  1. My Bitcoin merupakan dompet online yang paling ramah dan mudah pada tahun 2011. Namun hal itu terjadi begitu singkat dan menghilang begitu saja dengan semua uang dari para penggunanya.

Itu semua merupakan beberapa cara menghindari penipuan Bitcoin dan contoh kasus pada Bitcoin. Semoga bisa menjadikan pelajaran bagi Anda supaya lebih hati-hati dalam mengelola uang dalam dunia Online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *