Belajar Bisnis BitCoin Indonesia

5 Kelemahan Uang Virtual Crypto Currency

0
Kelemahan Uang Virtual Crypto Currency
Image: SputnikNews.Com

Di tengah maraknya masyarakat yang mulai melirik bisnis Bitcoin, justru terdapat beberapa negara yang melarang semua lembaga di dalam negaranya untuk menggunakan mata uang Bitcoin. Bitcoin dianggap memiliki sisi gelap yang dapat merugikan masyarakat.

Di dalam bisnis Bitcoin, Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda hanya dengan cara yang cukup mudah. Yaitu, hanya melakukan transaksi jual beli Bitcoin. Akan tetapi dibalik keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam berbisnis Bitcoin, Anda harus waspada karena ada beberapa kelemahan yang dapat merugikan Anda.

Berikut kelemahan dari Bitcoin:

1. Memiliki Nilai yang Tidak Stabil

Nilai yang dimiliki oleh Bitcoin bersifat spekulatif. Nilainya tidak stabil. Hanya dalam hitungan menit saja, nilai Bitcoin dapat mengalami kenaikan maupun penurunan secara drastis. Oleh karena itulah bagi Anda yang menggeluti bisnis Bitcoin ini harus selalu mengamati grafik pergerakannya.

Di dalam bisnis Bitcoin bisa saja terjadi sesorang mendadak menjadi seorang milyoner ataupun sebaliknya. Nilai mata uang Bitcoin meskipun tidak dipengaruhi oleh situasi politik akan tetapi pergerakannya selalu mengalami perubahan setiap menitnya.

Misalnya saja dalam suatu pagi nilai 1 Bitcoin bisa mencapai 12 juta rupiah. Hal ini tidak akan menutup kemungkinan bahwa beberapa menit kemudian nilainya bisa drop menjadi 11 juta rupiah saja. Atau pun sebaliknya, dapat melambung tinggi mencapai 13 juta rupiah.

2. Rawan Pencurian atau Hilang

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang disimpan ke dalam bentuk digital di dalam sebuah wallet. Tempat penyimpanan Bitcoin. Wallet Bitcoin dapat berupa tablet, smartphone, komputer dan laptop yang semua barang elektronik tersebut sangat rentan terhadap virus.

Dompet digital tersebut dapat diretas oleh para hacker dengan cara menebar virus yang dapat mengakibatkan hilangnya Bitcoin di dalam wallet tersebut. Di saat wallet mengalami kerusakan maka otomatis Bitcoin yang tersimpan dapat hilang dan tidak bisa dilacak.

Disinilah letak kelemahan dari Bisnis Bitcoin. Bitcoin tidak memiliki server pusat. Sistem yang digunakan adalah peer to peer, dimana setiap member dapat mengelola Bitcoinya sendiri. Belum lagi jika tanpa sengaja seseorang menghapus Bitcoin. Maka Bitcoin itupun akan menghilang dan tidak bisa dikembalikan.

Anda akan mengalami kehilangan isi wallet tanpa bisa diketahui kemana arah menghilangnya. Saat Anda memutuskan untuk menggeluti bisnis ini, Anda wajib mengetahui hal ini. Jika tidak maka bisnis Anda akan hancur dan Anda meraih kerugian.

3. Investasi yang Buruk

Bitcoin dapat digunakan sebagai tabungan atau investasi kekayaan Anda. Akan tetapi Bitcoin merupakan salah satu investasi yang buruk dan kurang begitu menguntungkan. Selain memiliki nilai yang tidak stabil, Bitcoin juga memiliki nilai fluktuasi yang tinggi. Sehingga dapat mengancam nilai investasi Anda.

Selain itu, sebagai investasi Bitcoin dianggap buruk karena nilai mata uang virtual Bitcoin hanya ditentukan oleh tinggi rendahnya permintaan market atau pasar. Sehingga tidak dapat diprediksi apakah bisnis investasi Anda akan berjalan lancar atau tidak.

4. Alat Pencucian Uang

Bitcoin juga sering digunakan sebagai sarana pencucian uang. Entah ini termasuk ke dalam kelebihan atau kelemahan Bitcoin. Yang pasti mendepositokan uang Anda ke dalam bentuk Bitcoin tidak akan diawasi oleh lembaga pajak maupun pemerintah.

Bitcoin tidak dimiliki oleh negara manapun. Sehingga tidak ada negara yang bertanggung jawab atau berwenang secara langsung untuk mengurusi mata uang Bitcoin. Uang konvensional yang Anda depositkan dalam bentuk Bitcoin akan aman dan tidak akan terkena biaya pajak.

Akan tetapi yang namanya tindakan pencucian uang tetaplah sebuah tindakan yang sudah melanggar ranah hukum. Jika Anda memanfaatkan hal ini, Anda bisa saja terkena hukuman karena sudah melanggar undang-undang.

Meskipun Bitcoin belum dinyatakan sebagai alat pembayaran yang sah, akan tetapi Bitcoin juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran pada sejumlah platform online. Seperti, Reddit, WordPress, Mega, dan Zynga.

5. Dikembangkan secara Idealisme

Keberadaan Bitcoin yang tidak diawasi oleh pemerintah, membuat Bitcoin dikembangkan secara idealisme. Seseorang yang tergabung di dalam member Bitcoin atau yang biasa disebut Bitcoiners akan berubah menjadi sosok yang idealisme. Dan tentu saja hal ini kurang baik untuk kehidupan sosial Anda.

Seseorang yang bermain Bitcoin, akan dituntut untuk menganalisa sendiri bisnis Bitcoin yang sedang digelutinya. Meskipun hal ini tidak berlaku untuk semua orang, akan tetapi pola hidup akan dapat dipengaruhi oleh cara pikir dari bermain Bitcoin ini. Yang akan membentuk karakter idealisme dan cenderung menjadi pribadi yang egois.

Itulah beberapa kelemahan dari Bitcoin. Setiap usaha pasti akan menuai untung dan ruginya. Jika terdapat sebuah kelemahan anggap saja hal tersebut merupakan tantangan yang harus Anda selesaikan.

Jika tidak demikian maka Anda tidak akan sukses dalam menjalani bisnis apapun. Keberhasilan Anda ditentukan oleh bagaimana sikap Anda dalam berbisnis. Selamat mencoba semoga berhasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.